Advertisements

Ani Yudhoyono Terkena Kanker Darah, Kenali 3 Tipe Kanker Darah Mematikan!

#CepatSembuhAniYudhoyono lagi trending sob, istri presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini diketahui mengidap penyakit kanker darah.

Saat ini ibu Ani sedang menjalani pengobatan di Singapura sejak 2 Februari lalu.

Sakit bu Ani sendiri dikabarkan sang suami, pak SBY melalui sepenggal video dari Singapura.

“Dengan rasa prihatin, saya sampaikan kepada para sahabat di Tanah Air, Ibu Ani mengalami blood cancer atau kanker darah. Dan karenanya harus menjalani pengobatan dan perawatan yang intensif di National Universtiy Hospital Singapura,” kata SBY, pada Rabu (13/2/2019).

Kanker darah biasanya dimulai dari tulang sumsum di mana darah diproduksi, nantinya akan mempengaruhi produksi dan fungsi dari sel-sel darah.

Penderita kanker darah, akan mengalami proses perkembangan sel darah normal yang terganggu karena adanya pertumbuhan yang tak terkendali dari sel darah abnormal.

Sel-sel abnormal (kanker) tersebut mencegah darah melakukan sebagian besar fungsinya, seperti melawan infeksi atau mencegah pendarahan serius. Penjelasan dari Himpunan Hematologi Amerika Serikat.

Setidaknya Kanker darah memiliki tiga tipe utama, yaitu:

 

1. Leukemia

Leukemia adalah tipe kanker darah yang paling terkenal.

Sel kanker terbentuk di jaringan sumsum tulang pembentuk darah seehingga mempengaruhi sel darah putih.

Leukemia sering diidap anak-anak kecil berusia di bawah 15 tahun, penderitanya juga sering ditemukan pada orang dewasa di atas 55 tahun.

Kanker ditandai dengan produksi sel darah putih abnormal yang sangat cepat dan banyak sehingga tak mampu lagi melawan infeksi serta merusak kemampuan tulang sumsum untuk memproduksi sel darah merah dan keping darah.

Leukemia akut berkembang sangat cepat, dan mematikan dalam waktu singkat.

Sebaliknya, leukemia kronis berkembang lebih lambat hingga bertahun-tahun.

Setidaknya, ada empat tipe leukemia, acute myeloid leukemia (AML), chronic myeloid leukemia (CML), acute lymphocytic leukemia (ALL) dan chronic lymphocytic leukemia (CLL).

 

2. Limfoma

Kanker limfoma terjadi pada sel-sel limfosit atau darah putih di kelenjar getah bening (limfoma). Mulanya ditandai gejala pembengkakan pada kelenjar getah bening yang seiring waktu bisa merusak sistem imun tubuh.

Kanker Limfoma yang menyerang kelenjar getah bening

Bagian-bagian tubuh lain juga kerap mengalami benjolan atau pembengkakan, misalnya : leher, ketiak, dan pangkal paha. Benjolan yang terjadi pun tidak sakit dan makin besar dari hari kehari.

Kanker limfoma punya dua tipe :

Pertama tipe limfoma Hodgkin dan tipe lainnya limfoma non-Hodgkin.

Perbedaannya terletak pada kehadiran limfosit abnormal bernama sel Reed-Sternberg, yang merupakan sel limfosit B yang bermutasi yang sangat besar menurut standar seluler yakni hingga lima kali lebih besar daripada limfosit normal.

 

3. Myeloma

Kanker myeloma atau kanker sel plasma ialah kanker yang menyerang jaringan pembentuk plasma darah di sumsum tulang. Penderita myeloma akan terganggu produksi antibodinya sehingga sistem kekebalan tubuh sang pasien akan berkurang. Alhasil tubuh akan rentan terhadap infeksi.

Kanker ini tergolong langka loh sob, dan kebanyakan penderitanya adalah pria. Walau langka kanker myeloma berbahaya dan tergolong penyakit yang sulit disembuhkan.

 

 

Sumber : DetikHealth & Hellosehat.com

Advertisements

Posted on February 13, 2019, in Beauty & Health, Hot News and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: