Advertisements

Demi Minimalisir Kecelakaan Kereta Masinis Jepang Sampai Rela Lakukan ini!

Kereta komuter atau KRL belum lama ini terguling di Bogor, hal ini jadi warning tentang betapa pentingnya memastikan keselamatan perjalanan.

Nah, di Jepang yang penduduknya punya kebiasaan naik KRL, kira-kira apa ya resep meminimalisir kecelakaan kereta Jepang?

Rupanya, para masinis disana punya ‘tradisi’ khusus dalam menjalankan kereta. Ritual yang cukup unik ini ialah menunjuk-nunjuk ke segala arah dengan cepat, sebelum kereta melaju.

Kenapa bisa gitu ya? Walau terlihat lucu khususnya bagi traveler dunia, masinis dan para pekerja kereta punya tujuan tersendiri saat menunjuk-nunjuk. Kabarnya ini adalah metode keselamatan industri terbaru di Jepang yang bertujuan mengurangi kesalahan di tempat kerja. Kalo mimin nggak salah pilot pesawat Jepang juga melakukan hal yang sama.

Sistem ini biasa disebut ‘Shisa Kanko’ (dalam bahasa Jepang), menunjuk dan memanggil saat bekerja dilakukan demi keselamatan, suatu upaya mencegah kesalahan sekecil apapun terjadi dalam bekerja.

Sistem ini dibenarkan oleh National Institute of Occupational Safety and Health Jepang, daripada hanya mengandalkan mata atau kebiasaan kerja, dengan adanya panggilan dan gerakan fisik maka dapat memastikan langkah dan segala kegiatan berjalan semakin akurat.

Saat bekerja, masinis tidak cuma memperhatikan layar saja dalam menjalankan kereta. Dia akan mengkonfirmasi melalui suara dan tangan sembari mengucapkan, “Speed check 80,” dan menunjuk ke layar monitor.

Sementara staf stasiun memastikan kereta berjalan sesuai dengan peronnya. Para petugas kereta memastikan tidak ada puing-puing di rel atau adanya penumpang yang jatuh.

Buat yang kikuk naik kereta, KRL Jepang ramah banget loh sama penumpang baik orang tua, penumpang disbilitas atau kamu yang baru pertama kali naik KRL.

Petugas kereta juga selalu memastikan tidak ada tas penumpang atau penumpang yang menghalangi pintu kereta. Mereka bahkan sampai melongok ke luar jendela untuk memastikan. Setelah itu, mereka mengonfirmasi dengan melambaikan tangan di sepanjang platform.

Walau sederhana, nyatanya gerakan tersebut sangat efektif dilakukan untuk mengurangi kesalahan kerja hingga 85%.

Jadi enggak heran deh kalo sistem kereta api di Jepang mendunia karena punya reputasi terbaik. Selalu tepat waktu dan tingginya integritas pada keselamatan, penumpang dan ketepatan kerja.

KRL yang dipakai di Indonesia sendiri sama dengan yang dipakai di Jepang jadi kira-kira sistem seperti ini bisa diterapkan nggak ya biar gak ada kecelakaan KRL lagi?

 

 

Sumber : detikTravel

Advertisements

Posted on March 11, 2019, in Hot News, Special Section and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: