Advertisements

Cukup Pakai ini Jeans Lama Kamu Terlihat Baru! Modalnya Murah!

Celana jeans atau pakaian berbahan jeans sobat warnanya mulai memudar? Tenang, yok atasi dengan cara jitu berikut.

Sobat cukup ikuti trik mudah dan hemat berikut!

1. Siapkan Wantek

Untuk mengubah jeans lama mu, kita membutuhkan Wantek. Modalnya murah meriah loh, cukup Rp 20 ribuan aja, bahkan ada yang hanya dijual dengan harga Rp 5 ribu tapi dengan kualitas yang kurang bagus.

Lalu apa sih Wantek itu? Biasa disebut naftol atau wenter, awalnya Wantek adalah merek sebuah serbuk pewarna kain bernama “Wantex”. Proses pewarnaan ulang pada kain, atau memberi warna baru sesuai selera disebut pewantekan.

Sebelum mewantek jeans, pilihlah warna wantek yang paling pas dengan pakaianmu. Jangan sampai keliru soalnya Wantek tersedia dalam banyak banget pilihan warna. Tapi kalo sobat ingin mewarnai jeans dengan warna berbeda bisa juga kok.

2. Pakaian yang akan diwantek harus bersih dan kering

Sebelum diwantek cuci dulu baju hingga bersih, agar pewarnaan lebih merata. Jemur hingga kering sebelum melakukan pewantekan.

3. Larutkan wantek dalam air mendidih

Siapkan panci dengan kapasitas besar yang cukup untuk merendam baju yang akan diwantek. Isi dengan air, panaskan hingga mendidih lalu masuk kan serbuk wantek, aduk-aduk hingga tercampur rata.

Oya sob, sebaiknya pilih panci bekas yang sudah tak digunakan lagi untuk memasak. Karena proses pewantekan akan meninggalkan noda pada panci. Panci yang sudah dipakai mewantek tidak disarankan untuk dipakai memasak.

4. Rebus Pakaian dalam larutan wantek

Selanjutnya, masuk kan jeans yang akan diwantek dalam keadaan api masih menyala. Aduk-aduk pakaianmu dengan spatula kayu seperti sedang memasak.

Lakukan proses pewantekan dengan api kecil dan tambahkan air jika tampak surut. Rebus jeans selama 15-20 menit. Jangan lupa bolak-balik baju agar pewarnaannya merata.

Setelah selesai, matikan api lalu rendam jeans hingga larutan Wantek dingin.

5. Bilas pakaian lalu jemur di tempat teduh

Bilas pakaian jika larutan wantek sudah benar-benar dingin. Hal ini dilakukan agar warna baru dapat melekat dengan baik. Bilas sebanyak 4-5 kali untuk menghilangkan bagian warna yang luntur.

Setelah selesai dibilas jemur jeans di tempat teduh dan berangin agar warna lebih awet. Hindari menjemur di bawah sinar matahari secara langsung.

Tipsnya murah dan mudah kan dikerjakan sendiri di rumah. Selamat mencoba!

 

 

Sumber : IDNtimes.com

Advertisements

Posted on May 24, 2019, in Fashion, Hot News, tips and trick and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: