Advertisements

I-YEV Camp 2019 : Kemah Seru Sambil Asah Jiwa Berbisnis, Kepemimpinan dan Kerelawanan

Hai Sobat Sebarkan..

Pada tahu gak kalo ada satu event enterpreneurship keren yang belum lama ini berlangsung? Atau jangan – jangan kamu salah satu pesertanya, hehehe..

Event bisnis satu ini lain daripada yang lan loh, soalnya mengusung tema alam. Yaitu dengan cara camping seru sambil belajar bisnis sekaligus menumbuhkan jiwa sosial.

Berikut kalimat kece dari salah satu sesi mentoring bisnis selama IYEV Camp 2019 berlangsung.

“Bisnis itu ibarat anak. Fokuskan dirimu pada satu anak terlebih dahulu sampai ia sudah berkembang dan dapat mandiri, sebelum kamu ingin punya anak lagi.”

Inspiring banget ya, khususnya bagi para peserta yang dihimbau untuk fokus terhadap satu bisnis terlebih dahulu sampai bisnis tersebut berkembang pesat, sebelum menjalankan bisnis lainnya.

Sesi materi seputar bisnis yang diasuh oleh para pakar di bidangnya adalah sebagian keseruan dalam kegiatan IYEV Camp 2019 kali ini.

Kegiatan ini telah terlaksana pada hari Sabtu hingga Senin, 24-26 Agustus 2019 bertempat di wisata Welo Asri, Petungkriyono, Pekalongan, Jawa Tengah.

IYEV Camp 2019 dengan tema “Be a Leader Be a Socio-preneur!” serta tag line “Share – Care – Impact!” merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Grow To Give Indonesia bersama World Merit Indonesia Local Chapter Semarang dan Mahasiswa Kalongan.

Menggabungkan konsep berkemah dengan sesi materi seputar bisnis, pendekatan sosial dan pengembangan diri selama tiga hari dua malam ini tidak hanya melibatkan mahasiswa dari seluruh Indonesia saja, kegiatan ini juga turut mempertemukan mahasiswa dengan pemuda lokal Petungkriyono agar saling berdialog dan menginspirasi sehingga mampu menyusun aksi nyata dan kolaboratif dalam rangka memaknai hari pemuda internasional.

Sesi materi dalam I-YEV Camp didampingi oleh para mentor yang merupakan CEO dan Founder dari beragam bidang bisnis di Indonesia, diantaranya:

  • Bio Hadikesuma (Founder Jogja Business Lab, Konsultan Bisnis, CEO Lima Pilar Inspirasi, dan Aktivis Sosial)
  • Bezie Manggala (Founder Rakeyan dan Konsultan Bisnis)
  • Maulidan Isbar (CEO Kayuh Wooden Bike)
  • Anang Darmawan (CEO Marc Indonesia dan Apperentice Jogja Business Lab)
  • Mario Devan (Founder Dmaxx, Co-Founder Videon.id, Blogger, dan Digital Strategist)
  • Emmy Surya (Founder Female-preneur Indonesia)
  • Dan tidak ketinggalan Founder Grow To Give Indonesia, Titik Rusmiati yang juga turut serta menjadi mentor dalam kegiatan ini.

Antusias para peserta I-YEV Camp 2019 sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dari banyaknya peserta yang menginginkan I-YEV Camp diadakan lagi di tahun depan.

I-YEV Camp tahun ini telah membekali peserta dengan berbagai materi seputar bisnis dalam kurikulum pembelajaran yang tersusun secara komprehensif dan menyenangkan oleh penyelenggara kegiatan bersama pendampingan dari Jogja Business Lab, diantaranya materi tentang:

Personal Development yaitu mengenai hal-hal apa saja yang harus dibangun didalam diri kita karena pemenang tidak dilihat dari seberapa banyak pukulan yang dia dapat tetapi seberapa cepat dia bangkit dari pukulan yang dia dapat, disamping itu juga telah disampaikan materi mengenai bagaimana merancang ide bisnis, strategi branding, marketing online, melek finansial, dan mengajarkan bagaimana memulai langkah berwirausaha bersama masyarakat lokal dengan harapan yakni mencetak jiwa leadership, dan membangun socio-preneur.

Tak hanya dibekali ilmu seputar bisnis aja, peserta juga diajak untuk menikmati keindahan dari Desa Kayupuring, Kecamatan Petungkriyono salah satunya yaitu melakukan ciblon atau bermain air di Sungai Welo. Disamping itu para peserta disuguhkan berbagai macam sajian khas Petungkriyono, seperti nasi megono dan air nira.

Malam harinya, peserta melakukan kegiatan api unggun dan pentas seni yang merupakan penampilan kolaborasi antara mahasiswa dan pemuda lokal. Pentas seni menjadi semakin semarak dengan beragam baju adat daerah yang dikenakan masing-masing peserta. Tim Rebana Desa Petungkriyono juga turut memeriahkan acara pentas seni malam itu.

Acara ditutup dengan perayaan Hari Anak Muda Internasional berupa permainan di alam terbuka yang sangat seru dan kompetitif bernama “The Amazing Race of Petungkriyono”. Setelah kegiatan selesai, para peserta diantarkan ke Stasiun Pekalongan menggunakan pajero. Para panitia berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan inspirasi dan ide-ide baru bagi para peserta untuk menjalankan bisnis dengan strategi yang sudah diberikan oleh para mentor.

Selain belajar bisnis dan mengasah jiwa sosial sobat turut diajak rekreasi menikmati pemandangan desa, keren yak! Hayo, siapa yang tertarik untuk gabung I-YEV Camp di tahun depan? Jangan sampai dilewatkan!

 

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi :

IG : @growtogive_id / @worldmeritsemarang

Line : @snp9567o

Facebook: Grow To Give / World Merit Semarang

Website: http://www.growtogive.org

E-mail: info.growtogive@gmail.com

 

 

Advertisements

Posted on August 31, 2019, in Hot News and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: