Advertisements

Melakukan Kegiatan ini di Siang Hari Mampu Turunkan Resiko Stroke & Jantung!

Ternyata kebiasaan yang biasa dilakukan anak-anak di siang hari ini mampu menurunkan resiko stroke hingga penyakit jantung.

Sepele sih tapi bisa menyelamatkan orang dewasa dari penyakit mematikan.

Apa itu? Sempatkanlah untuk tidur siang walau hanya sesaat.

Studi terbaru menemukan seseorang yang tidur siang setidaknya sekali atau dua kali dalam seminggu punya risiko serangan jantung dan stroke yang lebih rendah.

Penelitian ini melibatkan 3.500 orang dalam kondisi sehat tanpa penyakit jantung, dengan rentang usia antara 35-75 tahun yang tinggal di Swiss, hasil penemuan sendiri telah dipublikasikan ke dalam jurnal Heart.

Nadine Hausler yang mengepalai penelitian tersebut, melacak dan melihat frekuensi tidur para partisipan yang bervariasi.

“Kami melihat kebiasaan orang yang sehat dan menemukan bahwa mereka tidur siang sesekali, seperti satu atau dua kali seminggu dan memiliki risiko lebih rendah untuk penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan yang tidak tidur siang,” ucap Nadine Hausler, ahli penyakit dalam dari University Hospital of Lausanne dilansir NBC.

Dari hasil survey, 1 dari 5 peserta tidur siang satu hingga dua kali seminggu, selebihnya mengaku hanya sesekali tidur bila ada waktu.

Rupanya, peserta yang punya kebiasaan tidur siang mengalami penurunan risiko serangan jantung, stroke, atau gagal jantung sebanyak 48 persen.

Lamanya waktu tidur siang juga tidak mempengaruhi hasil temuan, entah partisipan tidur sebentar, cuma lima menit atau cukup lama hingga satu jam.

Meski begitu, aktivitas yang bikin badan segar ini masih ingin diteliti lebih lanjut. Bagaimana tidur siang mampu menurunkan resiko jantung dan stroke?

“Tebakan terbaik kami adalah bahwa tidur siang bisa melepaskan stres dari kurang tidur,” kata HΓ€usler.

Wah, masuk akal juga sih, mengingat saat bekerja kemungkinannya sangat kecil bagi orang dewasa untuk istirahat.

Bukan rahasia lagi, seseorang dengan tingkat stress tinggi dan kelelahan mampu terserang penyakit jantung dan stroke.

Nah, siapa nih sobat Sebarkan yang punya kebiasaan bobo di siang hari? Jangan lupa sempatkan ya biar cuma 5 menit. Hitung-hitung investasi untuk kesehatan sobat..

 

 

Sumber : detik.com

Advertisements

Posted on September 10, 2019, in Beauty & Health, Hot News and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: