Advertisements

Kamu yang Punya Kecemasan Berlebih Jangan Nonton Film Joker, Pokoknya Jangan!

Hi guys, bioskop pada rame nih..

Euforia Joker ada dimana-mana apalagi sejak ditayangkan perdana 2 Oktober di Indonesia.

Sanking banyaknya yang gandrung bahkan people di Indonesia berhasil menyumbangkan pendapatan terbesar ke-3 untuk film arahan sutradara Todd Phillips ini. Wuah, gokil banget dah, orang Indonesia memang lagi butuh hiburan banget.

Hayo, siapa nih yang udah nonton?

Apa kamu merasa gemetaran, hati gak karuan, bahkan mungkin keluar dari gedung bioskop sebelum film selesai ditonton? Adegan Joker memang gelap, kelewat sadis, penuh darah sekaligus mengenaskan.

Apalagi muncul jargon ‘orang jahat sebenarnya orang baik yang tersakiti’. Jangan ditiru ya, tetaplah di jalan yang benar, hehe.. Biar disakitin senyumin aja ‘eh..

Arthur Fleck alias Joker awalnya pria baik dengan gangguan mental skizofrenia dan gangguan saraf *PBA yang harus mengalami sederet penderitaan hingga akhirnya dia berubah jadi badut paling menakutkan dan mematikan di Gotham.

Bagi beberapa orang film Joker menginspirasi tindak kekerasan hingga seksual. Apalagi setelah nonton kamu malah menganggap punya penyakit mental yang sama dengan bang Joker, bahkan mungkin ingin balas dendam. Waduh..

Di medsos beberapa orang dengan gangguan kecemasan mengeluhkan rasa pusing, mual, lemas, dan gemetar usai nonton dan dengar tawa Joker yang khas banget.

Nyatanya seseorang dengan gangguan kecemasan atau bagi mereka yang mentalnya rentan seperti anak-anak sebaiknya tidak menonton film ini karena audio visual dapat mempengaruhi imajinasi.

“Jadi paparan audio visual yang negatif seperti kekerasan atau kriminal itu bisa *men-triggered seseorang. Terlebih anak-anak dan mereka yang mentalnya rentan itu bisa buat imajinasi berkembang jadi takut, cemas, dan bisa merubah perilaku juga,” jelas dr Agung Frijanto SpKJ, sekretaris PP PDSKJI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Indonesia).

“Periksakan ke dokter kalau merasa *anxious. Kalau kita baca *resensi film dan kita tahu kita tipe pencemas ya sebaiknya sesuaikan film. Cari aja film yang menghibur. Jangan memaksakan diri. Sesuaikan film dan hiburan dengan kebutuhan,” tandas dr Agung dikutip dari detikhealth.com.

Nah, sobat yang sampai mengalami gangguan tidur, jantung deg-degan. Bawaannya terngiang-ngiang sama adegan Joker. Bahkan ada yang sampai membenci atau mempertanyakan dunia segala, kamu butuh konsultasi ke psikiater sob!

Tolong tontonannya disesuaikan ya, jangan sampai bikin keluarga di rumah khawatir, hehehe..

Oya, kalo pun menonton sebaiknya didampingi atau nonton rame-rame, gak lucu kan kalo kamu gelisah sendirian apalagi nontonnya di malam hari.

Satu lagi, film ini bisa jadi modus ke gebetan, bilangnya gak kuat nonton sendirian padahal bilang aja maunya ditemenin doi, haha.. ‘Good Luck mblo!’

 

Fyi :
*pseudobulbar affect (PBA), penyakit yang bisa bikin penderitanya mendadak suka tertawa, padahal sebenarnya lagi sedih atau gugup. Intinya pengidap gangguan saraf ini tidak bisa mengendalikan emosinya dengan kondisi yang ada, kadang nangis heboh tanpa sebab.
*men-triggered (memicu)
*anxious (gelisah)
*resensi film (penilaian sebuah karya, biasanya menuliskan kelebihan dan kekurangan suatu film)

 

 

Advertisements

Posted on October 8, 2019, in Beauty & Health, Come On Share, Hot News, Infotaiment, Special Section and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. Aku dah nonton, emang film nya menguras emosi banget sih, tp klo aku sih kebawa emosi pas lagi nonton aja, pas beres biasa aja tp feel nya tetep kepikiran kasian Joker, rasanya pengen meluk dia gitu sambil ngasih bantuan huhu..

    Liked by 1 person

  1. Pingback: BPJS Disomasi YLBHI Terkait Poster ‘Joker’ | sebarkan.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: