4 Cara Membuat Nama Anak Unik, Gak Pasaran dan Maknanya Mendalam!

Heyoo..

Nama sobat tergolong nama yang unik enggak sih? Atau justru nama yang B aja, kalau dipanggil yang noleh langsung 10 orang sekaligus, ehehe.. alias udah menjamur banget tuh nama dimana-mana.

Nah, kalo mimin perhatikan saat ini banyak orangtua milenial yang memberikan nama tak biasa bagi anaknya. Alasannya, selain nama adalah sebuah doa dan harapan nama unik dianggap gak pasaran.

Contohnya aja nama unik dari para cucu Jokowi. Misalnya, anak pertama mas Gibran yang bernama Jan Ethes yang artinya pemimpin cerdas dan cekatan.

Ada juga anak dari Kahiyang Ayu yang dinamai Sedah Mirah berarti harapan agar menjadi anak yang menawan, soleha dan dermawan.

Terus ada lagi cucu ketiga Presiden Jokowi adik Jan Ethes yang baru lahir kemarin namanya unik juga sob, La Lembah Manah punya arti rendah hati. Sementara huruf depannya ‘La’ yang berarti “lembut anakku, luwes anakku, lomo anakku.”

Wuah, unik, artinya dalem dan kejawen sekali. Terinspirasi untuk membuat nama anak sobat unik dan punya makna menyentuh juga? Tenang, mimin punya sarannya.

 

1. Pakai nama Sansekerta

Nama dari bahasa Sansekerta biasanya punya arti yang baik. Walau bahasa kuno tapi oke juga loh kalau dipakai untuk menamai sang buah hati.

Contohnya, untuk anak lelaki diberi nama Arkana = Berhati Terang

Sementara anak perempuan bisa dinamai Agni = Api

Tak ingin pakai bahasa Sansekerta? Sobat bisa coba pakai bahasa daerah atau bahasa asing.

 

2. Gabungkan dua nama, nama ayah dan ibu

Biar muncul nama baru bisa dicoba penggabungan suku kata dari nama ayah dan ibu.

Misalnya: Nama ayah Rudi, nama ibu Lina maka nama anaknya Rulina.

 

3. Pakai unsur alam atau kata sifat

Unsur alam misalnya Awan, Cahaya sementara kata sifat seperti Ceria, Mulia dan Gempita.

 

4. Bedakan penulisan

Tulis nama dengan nama berbeda misalnya Agata menjadi Agatha, Jessica menjadi Jessila, dsb.

 

Memberi nama unik tersendiri bagi anak ternyata punya manfaat positif dikutip dari akutahu.com. Adam Alter, Profesor Psikologi yang berasal dari New York University mengatakan nama yang unik akan memicu anak berpikir di luar kebiasaan, kreatif dan berani.

Jadi, masih bingung memilih nama unik untuk sang buah hati?

 

 

Posted on November 26, 2019, in Hot News, tips and trick and tagged , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Besok bikin artikel cara buat anak ya lek eh

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: