Ardie Bakrie Makan Mie Instan Kadaluwarsa 3 Bulan Lalu ini Efek Sampingnya!

Jika sebelumnya sang istri bikin heboh karena gak bisa mengupas salak. Ardie Bakrie justru pamer makan mie instan saat kelaparan lewat unggahan video story di Instagram pribadinya, Rabu (11/12/2019) dini hari.

Ardie Bakrie makan mi instan kadaluwarsa 3 bulan

Celakanya mie instan cup tersebut sudah kadaluwarsa 3 bulan lalu tepatnya pada (29/9/2019), hal tersebut ditunjukkan Ardie Bakrie saat ia memposting tanggal expired di bawah kemasan mie instan itu.

Nah, sobat pernah gak mengalami hal yang sama seperti Ardie Bakrie gak sengaja makan atau minum sesuatu yang sudah kadaluwarsa?

Kira-kira apa ya efek sampingnya dari memakan mie kadaluwarsa?

Ahli gizi dr Inge Permadhi Sp.GK, memaparkan jika makan mi instan yang sudah kedaluwarsa mengakibatkan gangguan saluran pencernaan.

“Biasanya makan kayak gitu (mi instan yang sudah kedaluwarsa) enggak disengaja. Efek langsungnya gangguan saluran pencernaan,” jelasnya.

Menurut Inge makanan instan biasanya memiliki batas toleransi sebelum benar-benar tidak layak konsumsi. Jedanya paling tidak tiga bulan, tergantung jenis makanan. Selain tanggal kedaluwarsa, kondisi penyimpanan mi instan dapat mempengaruhi kualitas makanan.

“Mi instan yang disimpan di tempat yang lembap, bisa saja usianya lebih pendek dari tanggal kedaluwarsanya. Bisa rusak lebih cepat,” ujar dr Inge.

Ada hal yang juga harus diingat bagi sobat yang punya kebiasaan makan mie instan. Apalagi makanan satu ini sudah jadi favorit banyak orang namun dibalik kenikmatannya mie instan tinggi karbohidrat dan lemak. Jika rutin mengonsumsinya dalam jangka panjang, dikhawatirkan bisa mengakibatkan obesitas dan memicu risiko penyakit lain.

Ahli Gizi Dr dr Samuel Oetoro MS SpGK, menyarankan agar batas maksimal makan mi instan maksimal satu kali dalam sepekan. Itu dikarenakan bumbu bawaan dalam sebungkus mi instan cenderung tinggi garam, natriumnya bisa mencapai 850-950 mg/porsi.

Padahal kebutuhan garam sehari-hari orang dewasa hanya 2 mg. Dengan tingginya konsumsi garam, risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi juga semakin besar.

“Yang jelas jangan terlalu sering makan mi instan, apalagi untuk anak-anak,” jelasnya.

Samuel juga mengingatkan dampak mengonsumsi mi instan bakal terasa dalam jangka panjang.

Yang doyan mengonsumsi makanan kemasan lebih teliti lagi ya mengecek tanggal expired makanan, ayo sayangi pencernaanmu. Oya, jangan lupa cek darah sekalian, mungkin sobat butuh bantuan medis.

 

 

Sumber : kompas.com

Posted on December 12, 2019, in Beauty & Health, Hot News and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: