Pemerintah Indonesia ‘Pernah Berhasil’ Kendalikan Flu Burung Bagaimana Dengan Virus Corona?

Hey, guys..

Lagi geger virus corona, sebenarnya kena penyakit apapun tetap kudu waspada ya. Tapi yang ini memang lagi happening banget karena cenderung baru. Oke, kita bahas yuk!

Kemunculan virus corona, rupanya terdeteksi pertama kali sama perusahaan rintisan (startup) yang bergerak di bidang kesehatan namanya BlueDot.

Barulah pada 9 Januari 2020, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan mewaspadai wabah corona yang mirip dengan flu lewat sejumlah penemuan kasus pneumonia akut yang telah dilaporkan dari Wuhan, China.

BlueDot yang pendirinya ahli medis asal Bollywood alias India, yaitu Kamran Khan menggunakan teknologi AI (kecerdasan buatan) untuk mendeteksi wabah ini lebih dulu. Bahkan BlueDot mengklaim punya akses ke data maskapai global yang bisa membantu memprediksi virus ini sudah menyebar ke negara mana saja. Hasilnyapun akurat.

Keren banget nih BlueDot, okai mimin capcuz bikin startup juga, hehe. Tapi sepertinya berat diongkos ya sob, dilansir kompas.com, BlueDot diluncurkan dengan biaya 9,4 juta dollar AS atau setara Rp 127 miliar. #OOT

Lanjut ke corona, kasus pertama virus ini terjadi pada 8 Desember 2019 lalu. Menyebar dengan cepat sekarang corona telah tersebar di 13 negara antara lain : Kanada, China, Jepang, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Amerika Serikat, Vietnam, Nepal, Perancis, dan Australia.

Apa itu Corona?

Corona adalah virus yang menyerang sistem pernafasan manusia. Gejala awalnya mirip seperti flu biasa yang diawali demam, pusing, batuk, pilek, radang tenggorokan dan badan lemas. Namun seiring berjalannya waktu corona dapat menyebabkan pneumonia (penyakit paru) yang mematikan.

Berapa yang terdeteksi? Setidaknya sudah ada lebih dari 800 orang dan 26 orang meninggal dunia, jumlah ini masih bisa bertambah.

 

Indonesia Waspada Corona

Merebaknya virus corona, Indonesia langsung siap siaga. Pintu masuk negara bakal dicek satu-persatu dengan alat pengukur suhu bahkan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan demi melindungi Indonesia dari corona maka tim disiapkan ‘tanpa tidur’, alias siaga 24 jam.

Apa lagi yang disiapkan?

Dilansir bbc.com, sekitar 100 rumah sakit telah dipersiapkan dengan SDM terlatih untuk menempatkan pasien yang terinfeksi corona.

860 alat pelindung diri, 2.322 masker, dan 35.000 kartu waspada kesehatan di berbagai daerah yang menerima penerbangan langsung dari Cina atau Hongkong. Penerbangan ke Wuhan juga sudah ditutup dan dialihkan ke kota lain di Cina.

 

SARS dan Flu Burung Lebih Mematikan Dibanding Virus Corona

Walaupun dianggap berbahaya ternyata SARS dan flu burung jauh lebih mematikan dibanding corona terbukti dengan tingginya jumlah kematian akibat wabah tersebut.

Penyakit SARS menginfeksi lebih dari 8.000 orang, dengan 774 di antaranya meninggal dunia. Dua warga Indonesia pun sempat terinfeksi, tetapi tidak ada yang meninggal dunia. Dikutip dari asumsi.co.

Sementara untuk flu burung terdapat 455 kematian di seluruh dunia dan 168 di antaranya terjadi di Indonesia. Dari 200 kasus penularan hampir 80% yang terinfeksi meninggal dunia. Luar biasa banget ya penyakit flu burung ini.

Virus-virus berbahaya ini sekali lagi disebabkan oleh hewan, kalo SARS dari kelelawar dan musang sementara flu burung dikarenakan infeksi unggas, seperti ayam. Sementara corona diduga karena hewan liar yang ada di pasar Wuhan.

Dokter Erlina Burhan sendiri memastikan corona cenderung kecil tingkat kematiannya dibanding virus lain. Dikabarkan Republika.co.id.

“Tenang, tidak usah khawatir,” himbaunya.

Masyarakat pun diminta untuk tidak gaduh dengan kabar tersebut, membatasi perjalanan, selalu hidup bersih, menyiapkan masker dan jika mengalami gejalanya segera periksakan diri ke dokter.

Jika Pemerintah pernah dipuji WHO karena mampu menyelesaikan permasalahan flu burung dengan cepat kenapa tidak dengan corona?

Kuy, semangatin Pemerintah, Kemenkes dan segenap tim medis dan semua tim yang terlibat.

 

 

Posted on January 27, 2020, in Beauty & Health, Hot News and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: