Menjadi Terkenal Dalam 12 Langkah!

Menjadi terkenal kelihatannya menyenangkan. Punya banyak pengikut di media sosial, semua orang kenal siapa kita, fasilitas mewah dan sebuah tamparan. Hah, tamparan? Yeah, ditampar segepok uang dalam jumlah fantastis. Kalau tamparan yang ini sih mimin mau-mau aja, hehe..

Pict : Cast44

Tapi, jika menjadi (dan tetap) terkenal itu mudah, semua orang pasti sudah melakukannya! Butuh dedikasi dan kerja keras berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Ingat ya, kepopuleran sejati perlu disiplin dan kerja sangattt keras.

Nah, sobat ingin menjadi terkenal lewat Instagram, YouTube, atau media lainnya? Mimin bakal bagikan beberapa tips dan trik yang dibocorkan para ahli.

Siapa saja ahlinya? Ia adalah Laura Vogel, pemilik Winged Pup Productions (perusahaan pemasaran dan produksi media sosial), lalu di bagian Humas ada Jill Fritzo, yang telah bekerja sama dengan Selena Gomez, Kim Kardashian, dan lebih banyak lagi list dengan predikat A.

Masih belum cukup ya, makin banyak ahli semakin baik. Ada Maggie dan Jay Jessup penulis buku Fame 101 – Powerful Personal Branding & Publicity for Amazing Success.

Okai, tanpa berlama-lama langsung saja ikuti 12 langkah berikut:

 

1. IDENTITAS AUTENTIK

Jika sobat mencoba untuk jadi terkenal, kamu HARUS punya identitas yang autentik. Apakah punya kemampuan melucu sebagai komedian, menciptakan resep kue yang menggiurkan, atau menyanyikan lagu yang begitu melekat di kepalaku.

“Ketahui siapa Anda dan ciptakan identitas merek,” rekomendasi Vogel.

Menurut Vogel, yang terpenting sobat harus percaya dengan intuisi dan tetap setia pada diri sendiri. Jangan biarkan orang lain menjauhkan kamu dari melakukan apa yang kamu yakini selama ini.

Sementara bagi Maggie dan Jay Jessup, jabatan fancy saja tidaklah cukup, kamu harus benar-benar memikirkan apa yang membuat kamu terlihat berbeda dibanding kompetitor. Menjadi komedian terkenal nyatanya lucu aja gak cukup, harus punya sesuatu yang beda dan unik.

 

2. JIKA BERBAKAT, CARILAH AGEN

Ternyata ada jalan yang lebih tradisional untuk menjadi bintang. Misalnya, untuk menyanyi, berakting, menjadi model, dll. Kamu perlu agen, manajer, atau semacam representasi. Fritzo mengatakan para profesional ini tidak hanya akan membantu kamu mendapatkan pekerjaan, tetapi mereka juga akan membantu menyusun strategi dan membuat keputusan besar tentang karier sobat. Sudah siap jadi terkenal gengs? Belum, masih banyak langkah yang diperlukan.

 

3. JARINGAN, JARINGAN. OH, JARINGAN!

Pict : Job – Like

Baik Fritzo dan Vogel mengatakan bahwa jaringan adalah suatu keharusan jika ingin menjadi terkenal. Kirim email, DM, telepon, bahkan meninggalkan komentar di Instagram saja sudah bisa membuat kita terhubung dengan orang lain dan menjalin kerja sama. Ajakan collab dapat menumbuhkan audiens, asal gak pansos aja ya, sob. Tapi, kalo ada yang mau diajakin pansos, ya lanjutkan saja, haha..

Ingat, kekuatan orang dalam, memang luar biasa!

 

4. MEMINTA BANTUAN

Mendapatkan pengakuan untuk karya kita adalah pekerjaan yang sulit, jadi berkonsultasilah dengan profesional kapanpun kamu bisa.

“Anda akan tahu kapan Anda membutuhkannya, apakah itu dari kolaborator, editor, atau humas,” kata Vogel. “Ketika Anda memiliki visi kreatif dan tidak memiliki keterampilan untuk melakukannya, pertama-tama cobalah untuk mengajar diri Anda sendiri, dan pada saat yang sama, cari orang-orang yang memiliki keterampilan itu dan bekerja dengannya. Anda akan belajar lebih banyak dari kolaborator Anda daripada yang bisa Anda bayangkan, dan pekerjaan Anda akan lebih baik karena memiliki pendapat lain.”

Orang terkenal adalah seorang komunikator yang hebat, menurut Jessups. Mereka bisa berhubungan dengan semua orang secara pribadi, dari panggung atau lewat kamera televisi. Komunikasi adalah kunci dalam personal branding, jadi jika sobat punya dana lebih maka sewalah speech coach atau media coach.

 

5. JANGAN BERHARAP MENJADI SUKSES DALAM SEMALAM

Itu tidak akan terjadi. Bangun reputasi yang lebih besar secara perlahan misalnya dengan tampil sebagai pembicara, jadi perhatian media, atau tampil di beberapa platform sekaligus, semua bisa jadi sarana untuk membuatmu lebih terkenal.

Dunia maya disebut juga dengan dunia kedua setiap orang, jadi gak heran mereka yang populer di dunia nyata biasanya terkenal juga di dunia maya. Contohnya, para selebriti atau orang sukses lainnya. Maka, jika sobat ingin menjadi populer, dulang prestasi sebanyak-banyaknya. Dengan berprestasi otomatis orang akan tertarik mengenalmu. Dengan prestasi verifikasi platform juga jadi lebih mudah, benarkan?

Kuncinya adalah autentik karena orang-orang bisa merasakan kepalsuan. Jangan berharap sukses dapat diraih dalam semalam, melakukannya juga tidak bisa terburu-buru. Setidaknya butuh waktu 6 bulan atau 1 tahun, bahkan bisa lebih lama lagi untuk melihat hasilnya.

 

6. ANDA AKAN DIBENCI, TAPI TIDAK MENGAPA

Bagi setiap orang yang mencintai pekerjaannya, asal kamu tahu akan ada 10 orang bahkan lebih yang tidak akan tertarik padamu, atau mungkin secara aktif tidak menyukai apa yang kamu lakukan.

Seperti dikatakan Fritzo, “Anda tidak akan pernah menyenangkan semua orang, tetapi (itu) tidak apa-apa.” Biarkan saja komentar negatif bergulir. Jika seseorang tidak menyukai apa yang kamu lakukan, mereka bukan audiens sobat, dan itu tidak masalah.

 

7. JANGAN ABAIKAN PEKERJAAN KAMU SEBELUM BENAR-BENAR TERKENAL

Percaya diri itu harus tapi semuanya butuh waktu, babe. Ingin menjadi influencer/pembuat konten berkualitas tinggi ada harga yang harus dibayar, dan harganya mahal.

“Anda dapat melakukan banyak hal hanya melalui iPhone saat ini, tetapi iPhone tidak murah,” Vogel memperingatkan, “dan semakin banyak uang yang dapat Anda masukkan ke dalam produksi, hal-hal yang lebih baik akan terlihat.”

Tips pro lainnya: Jangan abaikan pekerjaan harian sobat, hingga mendapat cukup uang dari ketenaran yang baru kamu temukan. Gunanya untuk menghidupi diri sendiri setidaknya selama enam bulan ke depan.

 

8. JADILAH ORANG BAIK

Tidak peduli apa industri yang coba kamu masuki, Vogel mengatakan saran utamanya adalah : Jadilah orang baik.

“Anda mengandalkan keterampilan orang lain, perhatian orang lain, dan fakta bahwa mereka menganggap Anda menyenangkan, menarik, dan keren. Jika kamu memperlakukan seseorang dengan buruk, itu (jejak digital) akan keluar dan kamu akan membayar harganya untuk itu. Tidak ada diskriminasi, jangan membuat lelucon rasis atau seksis, jangan transphobik. Pokoknya jangan. Ini tidak hanya secara online, ini juga berlaku secara langsung.” Nah, syusah kaka masih doyan julid.

 

9. TIDAK ADA SATU RENCANA YANG BERFUNGSI UNTUK SEMUA ORANG

Pict : Liputan6.com

Sebaiknya sobat harus punya 5 langkah/rencana untuk menjadi terkenal. Mungkin kamu sudah melakukan hal yang sama persis seperti yang dilakukan influencer lain tapi, tidak ada yang terjadi. Dibutuhkan berbagai taktik dan coba semuanya lalu lihat apa yang cocok untuk kamu.

 

10. KONSISTEN

Menjadi terkenal tidaklah mudah, harus konsisten dan dikerjakan terus-menerus setiap harinya, seperti meneliti, merencanakan, dan terus menampilkan karya terbaik. Semua foto yang terlihat mudah di Instagram, sering kali palsu.

“Kerja keras (yang akan) menang,” kata Fritzo. “Hal-hal yang ‘kelihatan’ mudah, tidak selalu mudah. Banyak hal terjadi di belakang layar. Pelajari manajemen waktu. Kamu adalah bos dari apa yang kamu kerjakan di sana.”

 

11. KETENARAN SEHARUSNYA TIDAK MENJADI TUJUAN

Pasti sobat ingin mendapatkan pengakuan dari orang lain, tapi apakah kamu sudah fokus pada “produk” yang dibuat? Status boleh populer tapi apakah produk yang diperkenalkan abal-abal? Apakah konten yang dibuat cuma sensasi? Tidak ada yang abadi dari sebuah skandal.

“Orang-orang datang kepada saya sepanjang waktu karena mereka ingin menjadi terkenal di internet, tetapi saya mengatakan kepada mereka bahwa, sementara ketenaran Instagram mungkin terjadi, tujuannya harus menciptakan konten yang Anda yakini untuk komunitas yang benar-benar Anda pedulikan,” jelas Vogel.

Kesimpulannya: Fokuslah pada isi konten yang baik dan jadilah anak baik-baik dengan menyebarkan hal-hal yang baik saja.

 

12. BUAT LEBIH BANYAK KEAJAIBAN

Maggie dan Jay Jessups mengatakan sering kali melihat banyak orang menjadi sangat senang dengan terbitnya buku pertama mereka, pertama kali tampil sebagai pembicara, atau penampilan perdana mereka di TV. Sampai mereka lupa, kerja keras untuk menjadi terkenal sesungguhnya dilakukan setelah mendapat publisitas.

Mempromosikan brand adalah proses yang berkelanjutan. Di masa kini, tampil di satu acara TV saja tak bisa mempertahankan status ‘beken’.

Tetap fokus, buatlah lebih banyak keajaiban, dan ambil langkah-langkah menuju popularitas bahkan setelah sobat mendapat banyak sorotan. Salah satu caranya adalah dengan mendirikan asosiasi di bidang yang kamu geluti, cara ini akan semakin menguatkan otoritas.

 

 

Sumber : cosmopolitan.com, bejanakehidupan.com, hipwee.com

Posted on February 17, 2020, in Career, Hot News, tips and trick and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: