Bahaya Panic Buying! Cukup Belanja Sesuai Kebutuhan, Berikut Daftarnya!

Halo, sobat.

Apa kabarnya? Mimin baru muncul loo, para pembaca ada yang rindu gak? Hehe..

Walau mimin baru nongol, tapi mimin tetep pantau tuh mereka-mereka yang ngeborong belanjaan banyak banget alias panic buying karena Covid-19.

Foto : Merdeka.com

Dikutip dari Nielsen, yang sudah melacak lebih dari 900.000 toko di 100 negara, menemukan “lonjakan signifikan dalam penimbunan persediaan darurat” khususnya di AS, Taiwan, Cina, Jepang dan Italia.

 

Hal-hal negatif dari adanya panic buying :

1. Harga produk naik gak realistis

Biasanya sih taktik penjual untuk menipu pembeli, akibat adanya panic buying yang terjadi di USA, membuat harga masker medis naik 319%, harga pembersih naik 73%, hingga harga produk makanan ikut naik sebesar 305%. Tahu produknya apa? Susu gandum.

Bagaimana dengan San Fransisco? Harga masker bisa naik hingga 541%.

Sementara di Indonesia, masker Kimia Farma yang awalnya dibanderol Rp 2000 naik 10 kali lipat, bahkan ada tuh yang beli masker jenis N-95 dengan harga jutaan. Harga Hand Sanitizer juga ikut meroket.

2. Memutus rantai pasokan

Contohnya, di Indonesia orang-orang berbondong-bondong beli jahe hingga terjadi kelangkaan.

Empon-empon sampai ludes, rak belanja di supermarket rata terjual. Kalau sudah begini harga beras bakal melonjak.

Sementara stok telah habis di pasaran, dan tanpa kejelasan kapan pasokan akan diisi kembali.

Bayangkan, saat ada orang yang benar-benar membutuhkan makanan terus nyari di toko tapi barangnya sold out, dan mereka kelaparan, kalau pun ada harganya mendadak mahal, untuk beli masih mikir karena uang di tangan gak cukup. Apa kalian yang bakal kasih makan? Think twice!

Borong banyak banget, ya bagi yang duitnya banyak juga, tapi apa tak terpikirkan kalau ada orang yang gak seberuntung kalian? Apakah di sekitar kalian ada orang-orang (selain keluarga) yang perlu diperhatikan?

3. Berdampak parah bagi pekerja kesehatan

Disebutkan WHO, penimbunan telah berkontribusi terhadap kekurangan global masker wajah yang menempatkan pekerja perawatan kesehatan dalam risiko berbahaya.

Gambar : USA Today

Well, mulai sekarang bijaklah dalam berbelanja. Nih, mimin kasih beberapa panduan belanja yang realistis apalagi kalau di kota kamu Corona mulai terdeteksi. Sobat pasti bakal lebih sering menghabiskan waktu di rumah, jadi berikut beberapa kebutuhan dasar yang perlu kamu persiapkan jika terjadi keadaan darurat. Ingat, masa inkubasi hanya 14 hari dan kebutuhan dasar tersebut diperkirakan cukup untuk waktu 2 minggu.

  • Masker wajah – Beli sebutuhnya untuk satu keluarga, jangan kemaruk (serakah). Jangan nimbun dendanya milyaran.
  • Hand Sanitizer – Beli ukuran besar atau sedang juga boleh (sesuai ukuran duit ajalah) dan jangan lupakan ukuran kecil agar mudah dibawa kemana pun.
  • Desinfektan ekstra – Tambahkan pembersih bakteri atau tisu desinfektan. Nielsen memperingatkan jangan terlalu sering dipakai ya, fokus saja pada mencuci tangan, karena desinfektan memiliki efek negatif pada kulit.
  • Perlengkapan mandi dan kebutuhan lain – Seperti sabun, pasta gigi dan sampo. Pembalut wanita, popok bayi dan deterjen pakaian.
  • Makanan kaleng – Buah-buahan dan sayuran segar biasanya akan rusak dalam 14 hari, jadi makanan kaleng yang punya masa penyimpanan lebih lama dan hanya membutuhkan sedikit waktu untuk dimasak menjadi pilihan. Misalnya, daging dan ikan beku, ikan kaleng, kacang-kacangan, sup, kaldu dan semur, buah-buahan dan jus buah, sayuran, selai, puding, mie instan. Beberapa camilan seperti biskuit, dll. Jangan lupa masukkan menu khusus bayi, ibu hamil, dan makanan bagi hewan peliharaan jika punya.
  • Bumbu dapur – Gula, garam, lada, dsb.
  • Susu kemasan – Persediaan bagi anak-anak.
  • Air dan cairan – Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menyarankan sobat menyimpan banyak cairan. Seperti air mineral botolan/galon dan pasokan cairan elektrolit.
  • Obat-obatan – Vitamin, obat flu, sakit kepala, batuk dan pilek, penghilang rasa sakit, atau obat bagi sobat penderita diabetes, atau yang memiliki keluarga dengan riwayat diabetes dan beberapa penyakit tertentu, persiapkan semua resep obat tersebut ya.
  • Barang-barang lainnya – Kuota buat main game, hehe. Punya beberapa permainan papan, kartu, TTS, majalah dan barang menyenangkan lainnya untuk membuat keluarga tetap sibuk.

Sekali lagi sesuaikan dengan budget sobat! Semuanya jangan diangkutin ya sob, perhatikan juga tempat kamu menyimpan persediaan, apakah cukup atau tidak. Tak perlu membeli hingga berkota-kotak dus obat, atau berkaleng-kaleng makanan, cukup seperlunya saja, perhatikan juga masa expired dan sekitar kamu. Jangan sampai udah beli barang mahal-mahal malah terbuang percuma dan rusak.

 

Tips Menghadapi Corona Lainnya!

Foto : FDA

Manfaatkan belanja online atau pakai aplikasi belanja.

Adanya Corona membuat orang-orang semakin mengurangi intensitas pertemuan dengan orang lain. Karena virus ini menyebar melalui batuk dan bersin. Jadi belanja online bisa jadi pilihan yang pas.

Saat berbelanja di toko grosir jangan lupakan daftar di atas ya.

Daftar di atas bisa kamu gunakan untuk mulai membangun persiapan keamanan. Dengan belanja di toko grosir harga yang kamu dapatkan juga bakal lebih murah. Daftar tersebut juga dapat dipakai saat terjadi bencana mendadak. Contohnya di Jakarta, ada banjir dan Covid-19 sekaligus. Eits, ada erupsi Merapi juga, tetap waspada ya, guys.

Perhatikan cara kamu batuk dan bersin!

Sebaiknya tidak keluar rumah dulu jika merasa kurang enak badan, segera cuci tangan dan bersihkan liur yang keluar dengan sapu tangan atau tisu saat batuk dan bersin. Jika, terjadi gejala yang lebih parah lagi pergilah ke pelayanan kesehatan terdekat, bisa puskesmas atau Rumah Sakit. Tenang, Pemerintah sudah persiapkan lebih dari 100 RS dengan perawatan isolasi terbaik.

So, stay safe, sobat Sebarkan tercinta di mana pun kalian berada!

 

 

Sumber : The Guardian, USA Today

Posted on March 6, 2020, in Beauty & Health, Come On Share, Hot News, tips and trick and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: