Belajar Di Rumah Tak Jadi Masalah Jika OrangTua Ikuti 5 Aturan Ini!

Hai, sob!

Penyebaran Covid-19 di Indonesia, membuat pemerintah daerah meliburkan sekolah selama 2 pekan. Hanya saja murid yang ujian masih masuk sekolah.

Gak cuma sekolah, Jokowi bahkan menganjurkan kerja, belajar dan ibadah untuk sementara waktu di rumah saja.

Hal ini sengaja dilakukan untuk mencegah laju penyebaran virus Covid-19.

Anak-anak pada libur dan melanjutkan belajarnya di rumah, pasti papa dan mama pada pusing, hehe. Ayo, dicoba dulu jadi guru selama 2 minggu itu rasanya gimana, haha.

Biar gak kewalahan mengurusi proses belajar anak di sekolah, coba ikuti 5 saran berikut ini!

1. Jangan Anggap Sebagai Beban

Kalau liburan gini bawaannya sih mager, pengen main gadget atau nonton kartun melulu. Lalu kapan belajarnya? Ini kiat khusus yang diberikan Praktisi Homeschooling Aar Sumardiono, dalam mendampingi anak belajar di rumah.

Pertama, orangtua jangan sampai menganggap kondisi tersebut sebagai beban.

Tapi lihat sisi positifnya, misalnya ini kesempatan sobat menjalin hubungan bersama anak, yang biasanya sibuk kerja ajak mereka quality time sambil belajar.

Dengan begitu kamu bakal lebih memahami anak karena rutin berkomunikasi. Ini kesempatan kamu untuk dekat dan mencari tahu kesulitan apa saja yang ia alami saat belajar di sekolah. Sambil belajar, sambil curhat. Win win solution kan?

2. Pecahkan Masalah Bersama

Ajak anak bekerja sama sebagai rekan tim. Jika terjadi kesulitan ajak dia bicara untuk memecahkan masalah, kalian sekarang satu tim jadi selalu cari solusinya bersama. Dengan begini si anak jadi lebih terbuka. Jangan anggap remeh walau masih muda mereka juga bisa loh dimintai pendapat.

3. Ajak Anak Berkomunikasi

Orangtua sebaiknya menjadi sahabat bagi anak. Jangan hanya mengawasi atau sekadar memerintah. Tapi, ajaklah berkomunikasi dengan santai, kalau sudah begini maka hari-hari padat mengajari si kecil akan lebih mudah dilewati.

4. Ciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan

Biar gak bosan selalu ciptakan suasana belajar yang menyenangkan di rumah. Caranya, dengan membuat kesepakatan soal aturan main dengan anak. Dengan menciptakan aturan main yang disetujui anak, hal ini dapat membentuk tanggung jawab di pikiran anak. Cara ini juga manjur diterapkan karena dapat mengurangi konflik antara orangtua dan anak.

Misalnya, buat apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan sang anak saat belajar, buat aturan pemakaian gadget, tulis target harian yang bisa dicek bersama, misalnya hari Senin : hafal satu rumus, hari Selasa : belajar menulis, dsb.

5. Biarkan Anak Memilih Apa yang Ingin Ia Pelajari

Beri anak kebebasan untuk menentukan kegiatan apa yang ingin mereka lakukan, misalnya : ingin bermain dulu, lalu belajar Matematika, kemudian membaca buku, dst. Ini penting banget loh dilakukan mengingat situasi belajar di rumah pastilah sangat berbeda dengan situasi belajar di sekolah yang cenderung terjadwal, formal dan kaku.

Tapi ingat, harus tetap fokus sama target harian ya. Termasuk buat jadwal bersama anak agar memudahkan proses belajar di rumah.

 

 

Sumber : Kompas.com

Posted on March 16, 2020, in Education, Hot News, tips and trick and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: