9 Trik Simpel Kerja Dari Rumah Jadi Tak Membosankan!

Hai, sob.

Adanya Covid-19 membuat beberapa perusahaan menerapkan sistem kerja Work From Home (WFH). Siapa nih sobat Sebarkan yang sudah mulai mengerjakan tugas kantor di rumah? Jadi macam freelance ya.

Foto : Clark.com

Jangan-jangan sobat baru pertama kali melakukan pekerjaan dengan suasana baru seperti ini? Biasa kerja di kantor, sekarang membatasi diri dengan mengerjakan pekerjaan di rumah.

Apakah jadi masalah baru? Dibutuhkan keahlian beradaptasi ya sob. Okai, jangan panik dulu, kerja dari rumah gak seseram itu kok. Apalagi kalau sobat ikuti 9 trik simpel kerja di rumah berikut ini.

1. Bekerja di Rumah Sama Pentingnya Dengan Bekerja di Kantor

Kamu lagi dapat mandat dari kantor, jadi pekerjaan yang sobat kerjakan di rumah sekarang sama pentingnya dengan bekerja dari kantor. Maka perlakukanlah semua tugas sebagai pekerjaan yang nyata. Cuma beda di situasi aja kan.

2. Kuasai Teknologi

WFH akan maksimal jika rekan kerja, hingga atasan menggunakan banyak aplikasi dan alat untuk bekerja. Pastikan kamu gak gagap teknologi, dengan menguasai berbagai tools akan memudahkan pekerjaan dikerjakan dari jarak jauh. Ingat, kamu lagi kerja loh ya, bukan LDR-an, hehe.

3. Mandi dan Pakai Pakaian Rapi

Gambar : Liputan6.com

Mandi dan pakai pakaian rapi membantu sobat mendapatkan mood baik saat bekerja dari rumah. Walaupun suasana jauh lebih santai, kerja pakai pakaian tidur macam piyama apalagi lingerie tidak dianjurkan ya genks, hahaha.

4. Ruang Khusus Untuk bekerja

Kalau sobat gak punya ruang kerja di rumah, sebisa mungkin buat ruang khusus untuk pekerjaan. Tidak punya ruang kerja ternyata berdampak pada penurunan produktivitas loo.

Dibanding cuma berbaring di tempat tidur dengan laptop, bawaannya sih langsung ngantuk kalau begini. Adanya ruang kerja khusus seperti meja kantor dapat membuat kita lebih berkonsentrasi.

Jadi, buatlah suasana kondusif dengan memindahkan meja tempat bekerja ke sudut yang jauh dari gangguan, siapkan juga kursi seperti yang biasa kamu gunakan di kantor.

5. Minta Pengertian Orang Rumah

Buat yang sudah berkeluarga, atau masih tinggal sama orangtua, sobat perlu memberi batasan pada anggota keluarga yang tinggal di rumah. Minta pengertian yang bisa dipahami oleh mereka. Misalnya, gak menyetel suara tv berlebihan, atau menggangu saat lagi serius bekerja.

6. Batasan Jam Kerja

Foto : themandarin.com.au

Dalam survei Buffer, keluhan WFH yang paling banyak adalah tidak mampu memberi batasan waktu saat bekerja. Jadi, coba terapkan pola pikir ‘segues psikologis’, mimin artikan secara liar ya, haha, nak psikologis bisa bantu benerin, lol.

Segues psikologis adalah mindset atau kemampuan membagi waktu dengan santai tanpa merasa terganggu oleh beban kerja, dengan menerapkannya, dijamin sobat akan punya pikiran yang jauh lebih jernih dan rileks. Seperti olahraga atau ngopi selama 20 menit sebelum mengawali rutinitas kerja, mendengarkan musik 15 menit untuk menutup hari kerja, dsb.

7. Hindari Merasa Terisolasi

Isolasi yang berkepanjangan dapat berpotensi buruk pada moral dan produktivitas. Jadi, walau kalian lagi berjuang karena belum terbiasa dengan perubahan yang ada hindari untuk merasa terisolasi. Hibur diri dengan video lucu, banyak membaca, olahraga, atau melakukan banyak hal positif lainnya dari rumah. Belajar melukis mungkin?

8. Komunikasi Virtual

Untuk tetap mempertahankan good mood, buatlah persahabatan dengan tim kerja secara virtual. Misalnya, pakai aplikasi Skype untuk menelepon dan berkomunikasi sambil tatap muka.

Rayakan ulang tahun, berikan pujian untuk tujuan yang baru dicapai dan proyek yang diselesaikan via online. Luangkan banyak waktu untuk ngobrol santai agar suasana lebih cair, biar lupa sama situasi isolasi yang cenderung kesepian.

9. Saling Menyemangati

Foto : hc.services

Sangat mudah untuk merasa stres dan tertekan akhir-akhir ini. Jika sobat seorang atasan tugasmu adalah menjadi pemandu sorak bagi tim. Jaga semangat orang-orang sekitarmu dengan menciptakan suasana yang fun dan membahagiakan.

 

 

Sumber : Kompas.com

Posted on March 17, 2020, in Career, Hot News, tips and trick and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: