LapakTap, Solusi Bagi Pedagang Pasar, UMKM dan Pembeli

Hai, Sobat Dasterian.

Tahukah kamu jika pedagang pasar dan pelaku UMKM adalah pihak yang pertama kali mengalami dampak dari setiap kejadian yang berkaitan dengan masalah ekonomi, misalnya, krisis ekonomi atau terjadi pandemi seperti saat ini. Pendapatan harian mereka yang mengandalkan transaksi secara tatap muka bisa dipastikan akan menurun.

Saat ini tercatat ada lebih dari 59 juta pedagang dan UMKM di Indonesia, yang lebih dari 60% nya masih bertransaksi secara manual tanpa campur tangan teknologi semisal layanan e-commerce. Dan 13 juta diantaranya adalah pedagang pasar tradisional yang tersebar di seluruh Indonesia. Mereka hanya bisa mengandalkan pembelian melalui aplikasi pesan singkat dalam kondisi seperti sekarang ini.

Solusi bagi permasalahan tersebut sudah mulai diinisiasi oleh beberapa pengelola pasar di beberapa kota dengan cara mengumpulkan kontak pedagang pasar lalu menampilkannya melalui akun sosial media pengelola pasar. Namun solusi ini masih sulit untuk dapat menyelesaikan permasalahan ini dalam cakupan area yang lebih besar.

Ditambah adanya kesulitan bagi calon pembeli yang harus mencatat kembali nomor kontak yang ada di akun sosial media tadi ke smartphone mereka masing-masing. Dan UMKM di luar area pasar masih belum terakomodir ke dalamnya.

Maka dari itu kami berinisiatif mengembangkan LapakTap untuk membantu masyarakat menemukan kontak pedagang pasar dan UMKM tanpa harus secara manual memasukkan nomor kontak mereka satu per satu ke smartphone. Agar pedagang pasar dan UMKM juga mendapatkan peluang untuk menerima pembelian dari calon-calon pembeli baru dari aplikasi LapakTap.

Semua itu semudah pembeli menghubungi kontak pedagang melalui aplikasi pesan singkat atau telpon langsung ke nomor kontak yang tersedia, tawar menawar, bayar secara tunai di tempat atau transfer via bank. Lalu menggunakan jasa ojek pasar atau pangkalan untuk pengantarannya.

Tidak cukup sampai di sini, ke depannya kami juga akan membantu pedagang pasar dan UMKM untuk bisa bangkit kembali setelah masa pandemi berangsur pulih dengan cara menyediakan akses ke permodalan dan pembayaran langsung ke rekening pedagang melalui QRIS.

Yok, genks semangatin pedagang pasar dengan turut berbelanja di LapakTap aja.

 

 

Posted on June 4, 2020, in Hot News and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: