Tegas! Taman Nasional ini Kirim Kembali Sampah dari Pengunjung

Keren genks, salah satu taman nasional, Thailand, Khao Yai, dibuat kesal dengan ulah para turis yang suka buang sampah sembarangan. Kebanyakan yang dibuang tuh bungkus makanan dan minuman.

Taman Nasional Khao Yai (Pict – TripCanvas Thailand)

Nah, kalo kamu buang sampah di sini, siap-siap sampah kamu bakal dikirim kembali ke rumah.

Dilansir BBC, Selasa (22/9) aturan ini disampaikan oleh Menteri Lingkungan Hidup Thailand Varawut Silpa-archa dalam unggahannya di Facebook. “Ini sampah anda, kami akan mengirim kembali kepada Anda,” tulisnya.

Taman Nasional Khao Yai dapat dijangkau dalam perjalanan naik mobil selama 2 jam dari Ibu kota, Bangkok.

Lewat postingannya Varawut mengunggah lagi foto yang memperlihatkan kotak dipenuhi sampah plastik, kaleng dan bungkus chiki. Kasih ke mimin sini biar ditaruh ke bank sampah, hehe..

Sampah Khao Yai

Kotak itu bertuliskan “Anda melupakan sesuatu di Taman Nasional Khao Yai”. Kotak ini rupanya bakal dikirim ke turis asal Korea Selatan. Hayo, oppa, unnie taman cantiknya jangan dikotorin, wkwk..

Langkah unik sekaligus ekstrem ini menunjukkan sikap tegas pemerintah Thailand dalam menjaga keasrian taman di negara tersebut.

Mereka juga siap memasukkan turis bandel ke dalam black list. Bagi siapa saja yang merusak properti taman, pipis sembarangan sampai super berisik saat datang ke taman dianggap menganggu kenyamanan gaes!

Pengunjung tidak boleh asal buang sampah, mabuk di tempat umum, atau membuat kebisingan setelah pukul 22.00 waktu setempat. Dendanya gak main-main Rp 234 juta, tapi kalau gak punya cuan kamu bakal dimasukin langsung ke penjara selama 5 tahun. Nah lo!

Buang sampah sembarangan di taman nasional itu berarti kita turut membahayakan hewan yang mungkin memakan sampah tersebut.

Pengunjung atau turis yang mau masuk diwajibkan mengisi alamat rumah terlebih dahulu. Kenapa begitu? Apa mau diapelin? Bukan, sob, tapi supaya bisa dengan mudah mengirim sampah yang sudah dibuang sembarangan.

Kalo kamu udah buang sampah belum di rumah? Sampah kenangan misalnya? Hahaha. Yang penting gak buang perasaan kamu ke aku aja ya, halah.

 

 

Sumber : detik.com

Posted on September 22, 2020, in Special Section and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: