Hai Pemilik Motor Nmax, Sudah Paham Fungsi TCS Belum?

Yamaha selalu memberikan fitur-fitur yang berguna bagi para konsumennya, namun kebanyakan konsumen All New NMAX masih belum memahami atau menyadari fungsi fitur yang dimiliki. Salah satunya fitur TCS atau Traction Control System. 

Nmax Connected TCS

PT. Surya Timur Sakti Jatim selaku main dealer Yamaha Jatim, Nusa tenggara dan Kalimantan ini ingin para konsumennya merasakan fungsi setiap fitur yang dimiliki All New NMAX. Dwi Suwanto selaku instruktur Service PT. STSJ (Yamaha Jatim) ingin menunjukkan fungsi TCS yang sangat berguna terlebih dalam mobilitas sehari-hari.

Tuas TCS

TCS merupakan fitur yang membantu mendeteksi perputaran atau kecepatan roda depan dan belakang, hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya ban selip saat sedang berakselerasi. Terutama ketika berada di landasan yang licin karena memiliki potensi untuk membuat ban selip.

“Apalagi ada namanya fitur TCS yang bisa dinon-aktifkan sesuai kebutuhan. Fungsinya nih ya kalau saat kita berada di jalan licin misalkan berpasir bisa diaktifkan, efeknya ban akan lebih stabil dan tidak mudah terpeleset,” kata Dwi.

TCS ini sengaja dibuat demi meningkatkan keamanan berkendara. Fitur ini mendukung kinerja rem ABS yang memberikan hasil pengereman lebih mulus. Pengendara yang melakukan rem mendadak di jalanan yang licin, tingkat kecelakaan lebih kecil dibandingkan tanpa fitur tersebut.

“Tapi kalau fitur TCS dimatikan, tarikannya makin enteng ini cocok kalau di jalan aspal yang mulus. Bisa banget menyesuaikan,” tambah Dwi Suwanto.

Fitur TCS ini bisa diatur sesuai dengan kebutuhan pengendara. Baik dalam keadaan on maupun off TCS memberikan kelebihan masing-masing.

Berikut cara mudah untuk mengoperasikan TCS guna menyesuaikan dengan kebutuhan pengendara!

1. Tekan tuas pengatur speedometer yang berada di balik setir sebelah kiri, tombol tersebut pas berada di atas rem belakang.

2. Operasikan tuas pengatur tampilan spedo dengan menekan tuas sambil memperhatikan perubahan pengaturan di speedometer.

TCS Dalam Keadaan ON

3. Pilih pengaturan yang bertulisan TCS di bagian sebelah kiri bawah dengan tulisan informasi on/off di sebelah kanan bawah.

TCS Dalam Kondisi OFF

4. Kemudian tekan tuas hingga 3 detik untuk mengaktifkan atau mematikan fitur TCS.

TCS Dalam Keadaan MATI

5. TCS yang dinonaktifkan ditandai dengan logo TCS yang menyala berwarna orange di bar notifikasi speedometer, begitu pula sebaliknya.

6. Untuk kembali ke pengaturan awal, tekan tuas satu kali untuk menu odometer.

 

Posted on May 24, 2021, in Hot News and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: