Sosok Wanita di Masa Pandemi, Mampu Berdayakan UMKM

Perempuan menjadi salah satu pondasi besar dalam pembangunan perekonomian nasional. Mengapa demikian? 

Dalam keluarga, perempuan memiliki peran penting dalam segala hal. Mulai dari pendidikan, kehidupan sosial hingga ekonomi. Tanpa perempuan, keluarga akan menjadi rumah tanpa pondasi, roboh. Perempuan di keluarga dituntut memiliki kecakapan dalam membina sebuah keluarga. Sebagai seorang istri, perempuan dituntut untuk dapat menjadi penyeimbang suami. Menjadi teman seperjuangan bagi suami dan menjadi tempat untuk bersandar bagi suami. Sebagai seorang ibu, perempuan juga menjadi tempat pulang dan berlindung bagi anak-anaknya. Selain itu, seorang ibu juga menjadi sekolah pertama bagi anak-anaknya. Namun, di sisi lain perempuan juga memiliki peran besar dalam kondisi finansial keluarga.

Di kehidupan bermasyarakat, sosok perempuan yang mandiri secara ekonomi dapat menjadi pahlawan bagi keluarganya melalui usaha-usaha yang dibangunnya. Apalagi di masa pandemi saat ini. Para perempuan yang mandiri secara finansial dapat menjalankan fungsi ekonomi keluarga sehingga kondisi keluarga akan menjadi harmonis.

Seperti yang kita ketahui saat ini, pandemi Covid-19 mengancam perekonomian Indonesia. Terutama, dampak yang dirasakan oleh pelaku usaha. Banyak perusahaan gulung tikar akibat tidak mampu menjalankan usahanya di tengah kondisi pandemi. Banyak karyawan yang di-PHK akibat pengurangan karyawan.

Saat kondisi pandemi, UMKM menjadi juru penyelamat bagi negara. Melalui pengembangan UMKM, perekenomian Indonesia mulai merangkak naik. Berdasarkan Data Usaha Mikro, Kecil Menengah dan Besar di Indonesia tahun 2014-2018, 99,99 persen usaha di Indonesia merupakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), di mana berdasarkan surveI Bank Dunia pada tahun 2016 bahwa lebih dari 50 persen usaha kecil dimiliki oleh perempuan.

Melihat jejak perempuan yang membangkitkan perekonomian di masa pandemi melalui UMKM, OJK Regional 01 bersama dengan Femalepreneur Indonesia turut serta mendorong UMKM di Jakarta dengan mengadakan Jakpreneur Virtual Expo (JakVex) sebagai bentuk dukungan terhadap perekonomian warga Jakarta khususnya yang akan dilaksanakan pada tanggal 14-29 Oktober 2021. Kegiatan ini diharapkan mampu membangkitkan UMKM walapun dilanda krisis ekonomi di masa pandemi.

Femalepreneur sendiri merupakan platform bisnis yang fokus terhadap pendidikan kewirausahaan bagi perempuan di Indonesia yang ingin mengepakkan sayap di dunia wirausaha. Femalepreneur Indonesia turut serta dalam mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan perempuan melalui perwujudan hak perempuan untuk tumbuh mandiri secara finansial sehingga perlu mendapatkan akses untuk belajar berbagai hal seperti belajar kewirausahaan, mengelola keuangan, berkarya, ketrampilan, dan kepemimpinan. Begitu pula dengan hadirnya Jakpreneur yang turut menjadi wadah untuk menyelamatkan UMKM di ibukota di tengah badai pandemi. Berbagai rangkaian kegiatan yang digagas melalui kolaborasi Jakpreneur dengan Femalepreneur sebagai langkah baru untuk pengembangan UMKM. Uniknya, bentuk kegiatan yang diselenggarakan memiliki tindak lanjut yang berpotensi untuk pengembangan para pelaku usaha. Seperti Jakpreneur Champion Bootcamp yang kemudian dilanjutkan dengan Jakpreneur Virtual Expo sebagai bentuk apresiasi terhadap para pelaku UMKM yang inspiratif dan memiliki nilai tinggi dalam usahanya.

 

Posted on October 11, 2021, in Hot News and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: