Nama-Nama Menteri Bakal Reshuffle Beredar Luas

MIO Z GIF

Reshuffle kabinet jokowi

Kabar rencana perombakan kabinet (reshuffle) jilid II di Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo makin santer terdengar. Sebelumnya media sudah sering memberitakannya!!

Kabarnya, reshuffle kali ini mengakomodasi kader-kader Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Golkar, yang sebelumnya menyatakan berada di luar pemerintahan kini menjadi pendukung pemerintahan.

Isu perombakan kabinet masih belum terbukti, namun informasinya makin berkembang. Dan kabar terbaru yang menyebar di Forum Pimpinan Media Digital Indonesia (FPMDI) menyebut ada sejumlah pos pergantian jabatan menteri.

Presiden Joko Widodo sendiri dikabarkan telah memanggil tiga politisi muda ke Istana. Mereka adalah Didik Rachbini (PAN), Budiman Sujatmiko (PDI Perjuangan) dan Idrus Marham (Golkar). Disebut-sebut Presiden Jokowi telah melirik tokoh di luar partai politik yang juga anak dari tokoh peristiwa 10 November 1945 Surabaya Bung Tomo, Bambang Sulistomo.

Menurut rumor yang beredar, bakal ada lima menteri yang dikeluarkan dari kabinet atau bergeser jabatan. Salah satu pejabat yang bergeser jabatan adalah Rini Soemarno. Walaupun menteri Rini punya hubungan yang kurang baik dengan PDI Perjuangan tapi Jokowi tidak langsung mencopotnya, melainkan hanya digeser menjadi Kepala Staf Kepresidenan (KSP) menggantikan Teten Masduki.

Lalu akan kemana Teten Masduki ?? Disebut-sebut beliau bakal menggantikan kader Nasdem, Ferry Mursyidan Baldan di posisi Menteri Agraria dan Tata Ruang. Ferry sendiri kabarnya akan keluar dari kabinet Jokowi.

Namun muncul juga spekulasi Rini Soemarno bakal jadi Menteri Perhubungan menggantikan Ignasius Jonan. Jika spekulasi itu terjadi, belum diketahui Ignasius Jonan akan bergeser kemana.

Di lain pihak, muncul nama pengusaha bidang telekomunikasi Wahyu Sakti Trenggono. Wahyu merupakan bendahara umum DPP PAN di bawah kepemimpinan Hatta Rajasa. Namun, saat ini bukan lagi kader partai berlogo matahari itu.

Satu lagi menteri yang disebut-sebut bakal dicopot adalah Marwan Ja’far, kader PKB yang masih menjadi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi atau biasa disebut Mendes. Rumor pergantian Marwan memang sudah dibantah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Namun, kalau pun terjadi pergantian sesuai spekulasi yang berkembang, ia akan digantikan oleh Sekjen Partai Golkar hasil Munaslub di Bali, Idrus Marham.

Rumor FPMDI ini juga mencatut dua nama kuat yang digadang-gadang oleh Partai Amanat Nasional (PAN) mendapat jatah kursi di Kabinet. Yakni, Taufik Kurniawan yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPR atau Mulfachri Harahap yang menjabat Ketua Fraksi PAN di DPR.

Salah satu dari kedua nama itu disebut bakal diplot sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menggantikan kursi Yuddy Chrisnandi. Posisi Yuddy akan digeser menjadi Kepala Penasihat Wakil Presiden JK menggantikan Sofyan Wanandi.

Namun, kabarnya JK kurang setuju dengan mutasi Yuddy, JK masih ingin mempertahankan Yuddy di posisi Menteri PANRB. Bila JK berhasil, Mulfachri akan digeser jadi Menteri Pemuda dan Olahraga menggantikan Imam Nahrawi.

Lantas bagaimana posisi Budiman Sujatmiko dan Bambang Sulistomo ? Diprediksi, Budiman menjadi salah satu kandidat kuat pengganti Marwan Jafar dan Bambang Sulistomo ikut meramaikan bursa kandidat pengganti Menteri PANRB.

Sejauh ini, belum ada kepastian yang berkembang atas spekulasi yang telah beredar, karena semua menjadi hak prerogratif presiden. Namun, setelah memasuki era reformasi, bongkar pasang kabinet bukanlah menjadi peristiwa yang luar biasa.

Sebagaimana mutasi jabatan pemerintahan, pergantian kabinet atau pergeseran politisi di jabatan menteri tidak mesti menunggu 5 tahun seperti jabatan presiden dan wakil presiden.

Mereka yang sebelumnya menjabat menteri di kabinet pun tak sedikit yang diakomodasi pemerintahan dengan tugas-tugas khusus dan fungsi berbeda. Atau ada, beberapa yang kembali aktif, baik di partai politik maupun DPR.

Segala kemungkinan bisa terjadi, semua rotasi bukan hal yang mustahil, para menteri bisa masuk lagi di formasi kabinet mendatang dengan posisi berbeda.

Sumber : fajar.co.id

Insight

 

Posted on July 19, 2016, in Hot News and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 8 Comments.

  1. malah pak Rizal Ramli yg dicopot ampun deh

    Liked by 1 person

Leave a comment