Josh & Ely, Persahabatan Menyentuh Hati Antara Manusia & Orang Utan

Ada persahabatan menyentuh hati yang terjalin di Dusun Panca Bakti, Desa Parit Baderi, Kecamatan Teluk Batang, Kayong Utara.

Gadis cilik bernama Ely telah hidup bersama dengan seekor orang utan, selama hampir 2 tahun. Muhammad Dahlan (45), Ayah Ely harus rela menyerahkan orangutan miliknya kepada petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Ketapang.

Dahulu orangutan ini ia beli dari warga dengan harga 500 ribu. Dahlan memperkirakan usia orangutan itu sama dengan umur anaknya Ely yang juga usianya 2 tahun.

Josh (nama orang utan) sudah sangat akrab dengan Ely. Bahkan kabarnya Josh minum jenis susu yang sama dengan Ely.

elly gadis cilik yang bersahabat dengan orang utan

Ely memeluk erat Josh tak ingin berpisah

Ely bahkan sampai menitikkan air mata, tak rela dengan kepergian Josh teman bermainnya saat akan dibawa petugas BKSDA Ketapang.

Ternyata Josh banyak peminatnya, bahkan sudah ada beberapa orang yang menawarnya dengan harga tinggi. Namun Dahlan tak mau menjual Orang Utan kesayangannya. Dahlan takut dipelihara orang yang salah, dirawat dengan tidak baik lalu berakhir dengan kematian.

Satgas Penanganan Konflik Satwa BKSDA Ketapang, Adi Susilo, menjelaskan masyarakat dilarang memelihara orangutan. Selain karena sudah diatur dalam undang-undang, orangutan juga bisa membahayakan keluarga orang yang memeliharanya.

“Orangutan bisa menularkan penyakitnya jika mereka sedang sakit, maka dari itu sangat berbahaya bagi kesehatan keluarga yang memelihara orangutan,” ungkapnya.

 

 

Sumber : Tribun

 

Posted on January 9, 2016, in Hot News and tagged , , , . Bookmark the permalink. 14 Comments.

  1. wow..anak kecil aja peduli.. hakim malah bilang bakar hutan itu gak salah.. 😥

    Liked by 1 person

Leave a comment