3 Tipe Pengikut Gafatar Menurut Menteri Agama

image

Butuh waktu lama untuk mengembalikan keyakinan warga eks Gafatar kepada ajaran agama yang benar, hal tersebut diakui Lukman Hakim saifuddin selaku Menteri Agama.

“‎Yang terkait dengan keyakinan, itu butuh proses, butuh waktu. Oleh karenanya pembinaan keagamaan, itupun perlu waktu prosesnya. Dan ini harus dipilah-pilah, tidak bisa digeneralisir,”  ujar Lukman usai mengikuti Rapat bersama di Kemenko PMK, Jakarta, melalui Liputan6.

Lukman mengatakan, kadar keyakinan yang dimiliki oleh penganut ajaran tersebut tidak sama. Ada 3 tingkatan keyakinan warga eks Gafatar terhadap ajarannya.

Tiga tingkatan tersebut yaitu :

Ideolog

Ini adalah tingkatan yang tertinggi. Seorang pemikir, mereka memiliki keyakinan sangat kuat terhadap paham keagamaan Gafatar.

Operator Ideolog

Artinya dia bukan pemikir, tapi yang menyebarluaskan ideologi atau ajaran Gafatar pada orang lain.

Pengikut

Tingkatan ketiga hanya pengikut atau anggota.

“Kami melihat kebanyakan dari mereka pengikut. Mereka ini korban saja, karena terpengaruh dengan paham ini,” jelas Lukman.

Menurut Lukman, untuk mengembalikan pemikiran mereka, dibutuhkan pendekatan yang berbeda sesuai tingkatannya.

“Intinya pendekatan ini penuh empati, bukan kontradiksi ataupun konfrontatif. Tapi dengan membangun dialog, empati, bahwa Millah Abraham, yang mereka yakini itu bahwa orang tidak perlu salat, tidak perlu puasa karena mereka menganggap sudah bukan zamannya melakukan itu, harus dilakukan dengan pendekatan dialog,” kata Lukman.

Lukman pun berharap, bila pemikiran dan keyakinan warga eks Gafatar telah kembali pada agama yang benar, masyarakat mau menerima dengan baik tanpa adanya diskriminatif. ‎

“Kita berharap masyarakat di daerah sana dapat menerima eks Gafatar ini dan kembali berbaur dengan masyarakatnya. Dan kita berharap kepada eks Gafatar ini juga bisa kemudian melebur ke masyarakatnya,” terang Lukman.

Posted on February 4, 2016, in Come On Share, Hot News and tagged , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. masih ada aja yang bergabung sama yang beginian ya..

    Liked by 1 person

Leave a comment