Tips Aman Melihat Gerhana Matahari

image

Catat dan inget baik-baik!! 9 Maret 2016, jadi hari spesial, gerhana matahari total bakal terlihat di langit Indonesia. Indonesia, jadi jalur total yang dilewati gerhana matahari, mulai dari Palu, Sulawesi Tengah, sedangkan untuk wilayah Jakarta, gerhana matahari akan muncul sebagian. Biar tetep eksis jangan sampai kelewatan ya sob!!

Terus gimana ya cara menikmati gerhana matahari ??
Ada 2 cara nih, untuk gerhana matahari total sohib semua bisa melakukannya dengan mata telanjang. Sedangkan untuk melihat gerhana matahari sebagian harus dilakukan dengan alat bantu. Yang paling umum digunakan kaca mata matahari yang sudah dilengkapi dengan filter pelindung, biar nggak bahaya di mata.

“Kalau untuk mengamati gerhana matahari total bisa dilakukan dengan mata telanjang, itu di Palu nanti gerhana matahari total akan berlangsung sebentar kira-kira 2 menit,” kata kordinator kegiatan Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ) Nurdiasnyah di Planetarium Jakarta Sabtu (13/2/2016).

“Kalau untuk parsial atau sebagiaan harus ada alat bantunya, jadi nanti matahari akan terlihat berbentuk sabit. Umumnya pakai kaca mata matahari yang udah banyak dijual, bisa juga nanti pakai kamera lubang jarum, sun proyektor atau pemantul cahaya matahari,” sambung dia.

Selain alat-alat di atas, gerhana matahari juga bisa dinikmati dengan alat sederhana yang bisa dibuat dengan mudah.

“Bisa dengan kertas HVS yang dibolong-bolongi, jadi bisa dibentuk tulisan gitu dibolongin di kertas terus kita pantulkan di bawah cahaya matahari. Nanti pantulannya berbentuk sabit enggak akan bulat, nah itulah gerhana matahaari parsial. Atau bisa juga dilihat dari dahan-dahan pohon, melihat proyeksi (pantulan) cahaya matahari, bukan mataharinya,” jelas Nurdin.

Nurdin juga mengimbau buat yang pengen menikmati fenomena gerhana matahari total agar jangan sampai terlena. Harus tetap waspada karena radiasi usai gerhana matahari total dapat berbahaya bagi mata.

“Tapi kadang kita keasikan, ngeliatin gerhana matahari total lama, akhirnya lupa untuk mengalihkan pandangan dan bisa membuat buta dari radiasi,” papar Nurdin.

Nah..bahaya banget kan sob!! Tetap waspada dan ikutin cara-cara yang udah dipaparkan kang Nurdin diatas ya!! πŸ˜‰

Sumber : Detik

Posted on February 15, 2016, in Hot News, tips and trick and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

Leave a comment