Jessica Benar-Benar Beruntung, Hukuman Mati Tak Diberlakukan Atas Permintaan Kepolisian Australia

image

Nasib mujur dikantongi Jessica Wongso, terkait syarat Australian Federal Police (AFP). Jessica yang dijadikan tersangka tunggal kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin (27), terselamatkan dari hukuman mati.

Polisi Federal Australia siap membantu Pemerintah Indonesia menyelidiki kasus ‘Kopi Sianida’ asalkan Jessica menerima jaminan untuk tidak dijatuhi hukuman mati.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Tito Karnavian, pekan lalu terbang ke Australia untuk bertemu dengan Menteri Kehakiman Australia Michael Keenan, untuk meminta bantuan AFP mengungkap kasus Kopi Bersianida.

Juru bicara Keenan kepada Fairfax Media mengatakan, Menteri Kehakiman Australia setuju AFP membantu Pemerintah Indonesia menyelidiki kasus Jessica, namun dilakukan seusai hukum Australia.

“Pemerintah Indonesia telah memberikan jaminan kepada Pemerintah Australia, hukuman mati tidak akan diberikan karena tersangka adalah warga Australia,” katanya.

Australia adalah negara yang tidak menerapkan hukuman mati kepada para pelaku kejahatan.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Krishna Murti, mengatakan Australia bersedia membantu setelah Kejaksaan Agung menjamin tidak menuntut Jessica dengan hukuman mati.

“Harap dicatat bahwa hukuman mati adalah hukuman maksimal, itu disediakan untuk kejahatan luar biasa saja,” jelas Krishna.

“Setelah ada jaminan, persetujuan diberikan pihak Australia dan sekarang kami sudah mulai bekerja sama dengan AFP.”

Sementara itu, Jessica dijerat Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana terhadap Mirna dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara.

Polda Metro Jaya meminta bantuan dari AFP karena Jessica dan Mirna pernah sekolah bersama di Billy Blue College of Design di Sydney dan Swinburne University of Technology di Melbourne.

Sumber : Sidney Morning Herald

Posted on March 3, 2016, in Hot News and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 22 Comments.

  1. ayo siapa yang mau ngopi bareng jessica??

    Liked by 1 person

  2. Hukumanya di hap sama saipul jamil aja

    Member mengatakan gagal di mlm bukan penipuan? Salah besar, tetep penipuan

    gagal di MLM, bukan karena malas

    Liked by 1 person

Leave a comment