Hujan Meteor Akan Hujani Bumi Sebulan Penuh

image

Ada kabar gembira nih guys, buat pecinta hujan meteor, karena bulan April nanti hujan meteor Eta Aquarids bakal menghujani bumi sebulan penuh mulai pertengahan April mendatang, tepatnya mulai sekitar tanggal 20 April hingga 21 Mei.

Waktu terbaik untuk melihat mereka antara tanggal 5 dan 7 Mei, ketika langit menjadi gelap selama bulan baru.

Bakal terlihat bintik-bintik bintang jatuh, sobat bakal melihat potongan-potongan kecil dari puing-puing Komet Halley yang menabrak atmosfer Bumi dan terbakar. Mereka disebut Eta Aquarids, seperti yang muncul dari konstelasi Aquarius.

Hujan meteor ini bakalan lebih terlihat di belahan bumi bagian selatan. Namun, orang-orang di belahan bumi utara dapat menangkapnya juga.

Terutama buat sobat yang tinggal dekat dengan garis khatulistiwa. Pada puncak event hujan meteor, orang-orang di belahan bumi selatan dapat melihat hingga 30 meteor setiap jam, wow..keren banget ya.. 😀

Bahkan, jika kondisi cuaca sedang baik, sobat yang berada di lintasan utara khatulistiwa masih bisa melihat 10 meteor setiap jamnya.

Nah..untuk bisa melihat hujan meteor, lebih baik saat pergi ke luar untuk menonton, usahakan setengah jam sebelum mandi, agar mata sobat menjadi diaklimatisasi untuk melihat dalam cahaya rendah.

Selain itu, meteor akan lebih jelas terlihat, jika terbebas dari polusi cahaya dan dari lampu-lampu kota serta lampu jalan. Daerah puncak dan perbukitan menang banyak nih nontonnya. 😀

Sumber : National Geographic Indonesia

Posted on March 30, 2016, in Hot News and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 26 Comments.

  1. Woohhh…jadi inget meteor garden… hehee

    Liked by 1 person

  2. Syange Polusi Cahaya skrg dah parah

    Liked by 1 person

  3. wah indonesia bisa liat nih tapi bukan hujan meteor :v pas liat kelangit ternyata hujan aer wkwkwk
    http://stpblog.me/harga-premium-dan-solar-turun-mulai-1-april-2016/(turun 500 rupiah)

    Liked by 1 person

Leave a comment