Advertisements

Tips dahsyat berbisnis tanpa Modal dan Hutang!!

Halo sobat sebarkan, Menjadi pengusaha tentu impian banyak orang, tapi menjadi pengusaha juga ternyata cukup banyak tantangan, salah satu tantangan adalah ketiadaan Modal, gak ada modal gak bisa jualan, gak ada modal bisnis gak akan jalan, mau pinjem di bank, gak punya aset yang bisa jaminkan, masak mau jaminkan diri?? hehehe.

Modal usaha selalu identik dengan uang, padahal itu bukanlah yang utama, banyak bisnis dan usaha yang didirikan tanpa modal, bahkan dengan modal yang minim!

Apalagi di era internet jaman sekarang, tidak diperlukan lagi sewa ruko yang mahal untuk menjajakan produk dan jasa, manfaatkanlah internet.

berikut penulis akan share beberapa tips dan trik berbisnis tanpa modal dan juga hutang, yang penulis kumpulkan berdasarkan pengalaman pribadi, dan juga dari pengalaman orang-orang hebat disekeliling kita.

IMG_20151101_182314

1. Modal dengkul dan bacot!!

inilah sebenar-nya modal yang terutama dari seorang pebisnis sejati, apa itu modal dengkul? ya tentu saja modal dari kerja keras, dan berani berbicara.

Inti-nya adalah menjualkan produk orang lain!! atau bisa disebut Reseller atau dropshipper, banyak saat ini pengusaha yang memiliki produk atau jasa, tapi belum memiliki jaringan pemasaran, kita bisa melihat peluang tersebut, kita bisa membantu menjualkan produk atau juga jasa mereka, bahkan banyak dari pengusaha tersebut yang memberikan syarat kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk modal, saat laku, baru kita bayar.

Atau bisa juga sobat, berikan jaminan entah itu KTP, ijazah, atau apa saja, dan masih banyak kok pengusaha yang mau memberikan barang-nya kita jual saat melihat kesungguhan kita, dan ambil barang dengan nominal yang kecil dulu.

Misal harga barang 100 ribu kita ambil 20 biji dulu, dan jual 120 ribu, jangan ambil terlalu banyak untung, lihat juga target market-nya, keuntungannya jangan dipakai foya-foya, tapi bisa untuk menambah modal, usahakan juga ada perjanjian tertulis, jika tidak laku bisa kita kembalikan barang-nya.

IMG-20151101-WA0002

2. Modal skill dan tekad!

Nah jika kita memiliki skill, kita bisa menjual skill kita, sebagai contoh kita pintar desain, kita bisa mendesain, dan menjual hasil desain kita, anda punya skill menulis, menulislah atau bisa menjadi blogger, temukan skill yang kita miliki, karena banyak orang diluar sana, yang mungkin butuh jasa kita, tidak perlu jadi seorang yang sangat ahli, yang penting skill kita itu sudah cukup untuk membantu calon costumer kita.

Penulis berikan contoh, teman penulis seorang yang jago desain grafis, dan tinggal di bali, beliau selain bekerja di sebuah perusahaan desain, diwaktu luang-nya juga suka mendesain striping-striping sepeda motor dan diupload di Website-nya, ternyata banyak yang suka, awal-nya banyak pembaca web-nya yang meminta gambar yang memiliki resolusi besar-nya, untuk dicetak sendiri di daerah-nya, tapi lama kelamaan, melihat peluang yang ada, Beliau mulai membuka jasa untuk menjual juga cutting sticker dari desain-nya secara langsung, Konsumen mentransfer uang, dan dia mencetak di percetakan sticker, baru dikirimkan, sebuah usaha yang tanpa modal!! dan hasil-nya luar biasa! bukan saja laris manis dipasar indonesia, tapi mampu tembus ke pasar luar negeri, dikirim sampai ke Ingris, taiwan dan lain-lain, sebulan bisa mengantongi duit 30 jutaan bersih, sebuah usaha yang luar biasa dan dimulai tanpa modal!!paling modal pulsa untuk paketan internet, daripada elo-elo semua posting galau melulu?? hehehe

3. Modal dari keluarga

Jika orang tuamu atau saudaramu tergolong orang yang mampu, tidak ada salah-nya meminta sokongan modal untuk usahamu, tapi tetap bersikaplah profesional, misal modal dari orang tua 50 juta, tawarkan untuk share profit, misal 70:30 persen, jadi saat keuntungan usaha mungkin sebulan, ada 10 juta, berikan keorang tua 3 juta, dan anda 7 juta, tapi ingat hutang haruslah tetap dibayar.

Jadilah anak yang berbakti, dan stop jadi peminta-minta, orang tuamu sudah cukup susah saat engkau masih kecil dan sekolah, bekerja keras untuk kebutuhanmu.

bersikaplah elegant dan bahagiakan orang tuamu, niscaya berkat-berkat dari tuhan akan tercurahkan dari langit.

IMG_20150318_175315

4. Modal patungan bersama

Relasi, itulah kunci-nya, kita haruslah pandai-pandai bergaul, kita memang tidak perlu memilih-milih teman, tapi kita harus pandai memilih sahabat, pilihlah sahabat  yang juga seorang yang pekerja keras, jujur, dan memiliki integritas baik, karena itulah kunci sukses.

Misal-nya kamu memiliki ide usaha yang kamu yakin akan sukses, kamu punya kemampuan mengelola-nya, modal-nya butuh 100 juta, buatlah proposal bisnis yang menyakinkan, berapa keuntungan-nya, dan juga jujurlah jika ada resiko, temui teman-temanmu dan berbicaralah dengan mereka! Jika kamu punya integritas tinggi, teman-temanmu tentu tidak akan ragu menginvestasikan uang-nya buat usahamu!

Misal nih ada 3 orang yang mau bergabung,
A setor 30 Juta,
B setor 35 Juta,
C setor 35 juta,
Diawal disepakati, kamu sebagai pengelola bisnisnya, ABC sebagai investor pasif, mereka tidak terlibat di manajemen, tapi boleh membantu promosi, dan memanfaatkan relasi-nya untuk membantu promosi.
Kamu sebagai pemilik ide, dan pengelola dapat 40% dari keuntungan, sisinya 60% dibagi kepada 3 orang sesuai prosentase
Wajib dicatat! Semua wajib disepakati sejak awal, tanda tangan diatas materei, ke empat pihak paham dengan hak dan kewajibannya. Selama bisnis berjalan surat kesepakatan bersama itu yang jadi dasarnya. karena jika tidak ada kesepakatan bisa menjadi bahaya dimasa depan, uang bisa merubah orang sob!!

IMG_20150408_104245

salah satu contoh kompetisi entrepreneurship

4.  Modal dari kompetisi entrepreneurship

saat ini cukup banyak perusahaan-perusahaan yang mengadakan lomba kompetisi entrepreneurship atau kewirausahaan, hadiahnya pun cukup lumayan, mulai dari paket usaha, sampai uang untuk modal usaha, sobat bisa mengikuti-nya.

Miliki ide bisnis yang original, dan buatlah business plan yang menarik, sobat sebarkan juga perlu berlatih untuk melakukan presentasi di depan umum, karena hal ini nanti-nya perlu saat menghadapi dewan juri.

5. Modal dari jalan yang tak terduga.

Mungkin kita berkata dalam hati, saya gak pinter bicara, saya ini orang-nya pemalu, jangankan menjual barang, ngomong ama orang lain aja bisa bikin mual dan keringat dingin, saya juga tidak memiliki skill, satu-satu-nya skill saya menghabiskan uang hehehe.

Atau keluarga saya sangat miskin dan saya juga tidak memiliki teman yang kaya, reputasi saya buruk, dulu seorang anak yang bandel, sekolah suka bolosan, kalo saya datang ke relasi saya jangankan modal usaha, buat janji ketemu saja mereka pasti ogah-ogahan!!

wah suram sob… tapi tentu tenang saja, kita masih memiliki Tuhan yang menciptakan langit dan bumi, dekatkanlah diri dengan sang pencipta, pasti akan ada selalu jalan, berdoalah menurut keyakinan masing-masing, Ingatlah janji Tuhan yang tidak akan membiarkan umat-nya kelaparan! akan ada jalan dari sesuatu yang tidak terduga-duga

Penulis ingin membagi sebuah Kisah nyata, diambil dari tulisan mas saptuari disini (link)

Ini kesaksian real, nyata, ketika saya, MasMono, Mas Jody Waroeng Steak mendampingi Ustadz Yusuf Mansur dalam seminar “Semua Bisa Jadi Pengusaha” di JEC Jogja 2012 lalu, ada seorang peserta dari Sidoarjo yang memberikan testimoni di panggung.

“Saya hanya mengikuti anjuran ustadz Yusuf Mansur untuk melakukan riyadoh 40 hari. Saya geber sholat 5 waktu berjamaah di masjid, semua sholat sunnah saya jalankan, qobliyah ba’diyah, duha 12 rakaat, tahajud, sholat tobat, setiap hari saya berzikir panjang, membaca Quran dan saya bersedekah dengan harta saya.. Dari semua yang saya lakukan doa saya cuma satu.. Ya Allah, jadikan saya pengusaha terserah gimana caranya”
Masya Allah, ini doanya muantab! Pasrah total pada Allah.. Terseraaaah ya Allah, manut deh gimana caranya.. Engkau Tuhanku dan aku hambamu.. Kalo bukan kepadaMu, aku mau minta kemana lagi ya Allah?

Daaaan…
Setelah riyadoh 40 hari dilakukan, dia ketemu dengan kawan lamanya, kawan dekat di masa lalu. Allah benar-benar mengaturnya!
“Bro, aku harus pindah keluar kota nih, ada proyek disana, istriku juga tugas disana. Nah aku kan punya rumah makan disini, alhamdulillah dah ramai, sistem sudah jalan, tinggal memantau dan mengawasi. Mau enggak engkau bermitra denganku, nanti share saham 50% untukku dan 50% untukmu, kalo setuju besok aku ajari cara mengelolanya..”
DUEEERRRR!!!! JEGLARRR!!!

Yup Tuhan memang tidak pernah ingkar janji.

Masih bingung dengan modal sob??semoga menginspirasi, sebarkan agar banyak orang lebih terinspirasi.

mariodevan

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan

Posted on December 7, 2015, in Career, Special Section and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 10 Comments.

  1. Reblogged this on mario devan Blog's and commented:

    Wajib dibaca nie, bagi yang mau memulai bisnis, tanpa hutang, riba, dan minim modal…

    Like

  2. Edun… keren nih artikel. Sebarkanlah.org ancene madev.com banget

    Like

  3. Jos, setuju bro.

    Like

  1. Pingback: Materi Belajar SEO from Zero to Hero, apa saja materinya? – Judul Situs

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: