‘Iron Man’ Asal Indonesia Cuma Hoax Belaka

image

Nggak cuma Tanah air aja yang heboh dengan keberadaan “Iron Man” bernama I Wayan Suwardana alias Tawan, bahkan berita Tawan sudah mendunia. Warga Karangasem Bali itu mengaku berhasil menemukan dan menciptakan “tangan besi” yang membantu dirinya melakukan pekerjaan sehari-harinya empat bulan yang lalu. Hebatnya lagi, bahan baku robot tangan itu dibuat dari barang bekas dan mampu “bergerak dengan perintah otak”.

Bantahan pertama muncul dari akun Facebook Asad Abdurrachman, sbb:

image

Sangat jelas kelihatan kalau itu hanya perangkat palsu untuk membuat hoax.. Di kanan bawah ada USB port, untuk apa pakai port begituan? lalu disamping USB port itu ada port audio pink dan hijau.. Ngapain ada port audio? buat denger mp3 dari tangannya? Ini sudah kelihatan kalau dia hanya ambil bagian dari motherboard komputer.. Lalu port itu berdiri sendiri tanpa koneksi ke sirkuit apapun..

Juga perhatikan papan sirkuit (PCB) di kiri atas.. PCB itu sudah butek minta ampun, artinya itu rongsokan yang dia ambil dari tempat sampah, bukan buatannya sendiri.. Dari PCB itu kelihatan ada port PS/2 berwarna putih, jadi teridentifikasi PCB itu dari suatu device yang terkoneksi ke PC..

Lalu PCB merah di atas batere itu PCB mouse

.

Yang jelas.. saya salut pada orang ini… dia berhasil membual dan banyak yang percaya…, tulis Abdurrachman di akun Facebook

.

Tidak cukup hanya disitu, seorang Netizen bernama Neko Daisuki mulai menganalisa dari video Tawan yang tersebar saat ini.

“Setelah lihat videonya, kok banyak yang janggal ya?”

1. Persendian lengannya masih bisa dibilang longgar, keliatan waktu dia lagi masang lengannya. tapi lucu nya respon ke pergerakan tangannya cepat + pasti (ga salah2 gerak). Ini ga mungkin. Ibarat tarikan motor yang rantainya kendor sama yang pas. Pasti ngerti lah maksud saya.
Gear nya banyak di luar, bisa dibongkar pasang. Ajaib, gerakannya cepat + leluasa. Yang lebih ajaib lagi, gear nya ga lepas…

2. Pergerakan tangannya terlalu biologis. Sedangkan dimana2 yang namanya benda mekanis itu gerakannya masih kaku. Banyak jeda pergerakan walaupun cuma beberapa milidetik. Bahkan asimo yang didevelop langsung oleh orang2 ahli dengan sarana mendukung pun, gerakannya juga masih bener2 terasa kayak robot kan? Nah dia saya lihat di bagian2 akhir video, gerakannya leluasa banget persis tangan asli.

3. Sensor otak? HAHAHA bahkan perusahaan2 teknologi besar aja, dengan sarana yang benar2 mendukung untuk riset ke teknologi ini, masih belum mampu. Bahkan untuk teknologi sensor-sensoran kaya gini ini ruang lingkupnya udah nanotech. Ga bakalan bisa dibikin secara DIY. Gak akan pernah bisa… Apalagi pake rongsokan.

4. Dan ngomong masalah sensor, sensor yang udah ada di seluruh smartphone sekarang: accelerometer, masih butuh waktu untuk baca sinyal bhwa hpnya dipake secara landscape (dari sebelumnya: portrait). Padahal ini sensor sederhana, ga pake sinyal2 frekuensi tertentu. Asli sensor untuk baca fenomena alam, masih butuh waktu beberapa mili detik untuk ganti mode ke landscape setelah hapenya diputar. Bahkan teknologi ini pun udah dikembangkan langsung sama ahlinya, sarananya mendukung, duitnya mendukung. Lah ini duit ga ada, sarana ga ada, pengetahuan mendalam tentang ini juga ga ada. Eh udah bisa nangkep “sinyal otak” tanpa lag?

5. Itu katanya tangannya lumpuh dari lengan atas. Berarti seharusnya gear2 nya udah dimulai dari bahu. Dan disana kayanya hampir ga ada gear persendian sama sekali. Padahal disana bagian paling vital. Persendian di bahu ke lengan atas itu perputarannya hampir 180 derjat secara 3D (ga cuma 2 arah). Lah, kok dia di bagian sana kosong? Ga keliatan ada susunan gear yang rumit? Padahal lengan atasnya leluasa banget lho itu…

6. Ini bisa dibilang exoskeleton. Tapi ga ada batang besi/logam bener kuat yang menopang lengan atas + lengan bawah dengan kuat yang berfungsi sebagai tulang seperti namanya.

7. Ternyata jarinya juga bisa gerak! Bisa genggam batang logam! Tapi masih ga ditemukan tulang2 mekanis buat diikat ke jari2nya. Malah cuma ada sarung tangan longgar yang ga tau itu dalamnya kayak apa.

8. Kayaknya ga ada baterai atau semacamnya. Anggap deh “sinyal otak” ini beneran berfungsi, tapi itu cuma buat kontrol, bukan sebagai power supply. Nah itu kok bisa hidup? Bisa gerak? Dispenser yang fungsi nya buat panasin air aja masih harus dicolok ke listrik kan?

9. Saya bukannya gak mendukung kreatifitas, saya cuma nggak mau terbawa eforia tapi ternyata semu. Ini beda sama mobil listrik kmrn, yang itu dia emang punya ilmu di bidang itu, karya nya pun sesuai sama siapa dia sebenernya. Tapi ini terlalu banyak kejanggalan. Lagian teknologi kayak gini udah banyak di luar negeri kok. Tapi kalo ga salah sumber sensornya ke saraf, bukan ke otak.

Gimanapun juga, lengan “robot” ini terlalu fantasi untuk jadi realita. Bahkan kalo boleh jujur, JARVIS nya Iron Man terasa jauh lebih masuk akal, karena JARVIS itu basic teknologinya AI, armor ironman pun berfungsi berdasarkan gerakan tangan si Stark, sensor gerakan di setiap kaki sama tangan untuk nambah kekuatan + daya tahan, tapi roket laser, missile dan segalanya itu emang masih jauh dari logika hahaha (LOL)..

Sumber : Singindo.com

Posted on January 22, 2016, in Hot News and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 23 Comments.

  1. coba buka bajunya om. kalo di dadanya ada lubang berati bener kayak Mr. Stark😀
    http://peysblogcorner.com/2016/01/22/galeri-desain-modifikasi-vixion-by-peysblog-puasssss/

    Liked by 1 person

  2. Kuduga jg begitu…

    Liked by 1 person

  3. hahhaha, ada ada aja kelakuan,,,

    Liked by 1 person

  4. Mudah mudahan sih ada peneliti yang kesana biar bisa di teliti hehe

    Wedding-organizer.net

    Liked by 1 person

  5. pahri hamsiyong

    bli tawan sudah minta untuk tidak dipublish di media lagi, takut orang2 pintar kayak abdurahman yg ngomong diatas tambah sakit hati ….

    Liked by 1 person

  6. haters of haters

    Kata2 mereka mirip seperti kata2 yang dilontarkan kepada Wright Bersaudara saat mencoba membuat pesawat “Gak mungkin manusia TERBANG” :v miris sekali.

    Kalaupun itu palsu, tetapi pasti dapat dijadikan sebagai inspirasi bagi kalian yang lebih pintar untuk berkreasi menjadikan alat tersebut jadi berfungsi. itu juga kalo kalian berfikiran positif sih, daripada cuma komentar “hoax”. Pesawat dulu juga dibilang hoax.

    Kalo semua awal percobaan kalian bilang hoax, Indonesia jadi kerdil bro. Otaknya negatif semua. Bikin tuh alat jadi berfungsi,,Kalo bisa,,Talk less do more

    Liked by 1 person

  7. jangan dicibir begitu, kita belum tau hanya mengira-ngira saja

    Liked by 1 person

  8. Sebenrnya daripada menuduh org lain bohong mestinya pastikan dulu, sekarang khan jaman gampang.. tinggal dateng aja ke bali trus liat s3ndiri. Kalaupun itu tdk sepwrti yg diberitakan ya sudahlah toh bli tawan ini gak s3ngaja memberitakan apalagi bayar wartawan u bikin berita wong u makan aja dia susah. Ada banyak hal.positif yang bisa dimerjakan selain menunjuk org lain… ngomong2 mas2 yang pinter ini audah pernah bikin apa saja ya?

    Liked by 1 person

  9. terlalu dihebohkan

    Liked by 1 person

  10. jangan langsung judge bro, karna setiap perangkat elektronik itu hanya pembuat atau invention maker yang mampu menjelaskan cara kerja dari alat itu. sebaiknya di telusuri dahulu langsung ke beliau, sistem cara kerja nya dan kegunaan dari komponen komponennya, karena pada dasarnya, seorang invention ketika tidak memiliki dana yang cukup, dia akan menggunakan peralatan dan komponen yang ada, yang bahkan bisa diluar dari pemikiran kita masing masihg.

    Liked by 1 person

  1. Pingback: Ramai Di Sosmed Membicarakan Ironman Asal bali Disinyalir Palsu . Bonsai Biker

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: