Advertisements

Pengawas SPBU Nakal Yang Curangi Pelanggan Dapat Rp 2 Juta Per Hari

image

Tim Subdit Sumber Daya Lingkungan Ditreskrimsus Polda Metro Jaya telah menindak SPBU nakal di Jl. Raya Veteran, Rempoa, Ciputat, Tangerang Selatan.

SPBU dengan nomor 34-12305 itu melakukan tindak pidana dengan berbuat curang, mengurangi jumlah takaran dari mesin dispenser BBM. Lewat aksi penangkapan tersebut, polisi mengamankan lima tersangka, yaitu, dua pengawas dan tiga pengelola.

Kepala Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Awi Setiyono, mengungkapkan besarnya keuntungan ilegal yang didapatkan dari pihak yang terlibat cara kotor tersebut.

“Kalau pengakuan operator, kan ada 3 operator dan dua pengawas. Ternyata pengawas SPBU per hari masing-masing bisa mendapatkan Rp2 juta, di luar gaji,” terang Awi dalam perbincangan dengan tvOne, Rabu 8 Juni 2016.

Motif menambah kantong lebih jadi alasan para tersangka berani mencurangi hak masyarakat mendapatkan BBM sesuai takaran yang dibeli.

Masih berdasarkan pengakuan dari operator SPBU itu, kata Awi, mereka bisa memperdaya segel dispenser, agar tidak terlihat oleh pengawas saat dilakukan pemeriksaan.

“Dari pengakuan tersangka, ada teknisi yang bisa membongkar dispenser, mengakali segel itu untuk kembali seperti semula. Itu satu orang teknisi, tapi kita kembangkan teknisi ini sudah meninggal,” ceritanya.

Tak hanya itu, mereka juga bisa mengendalikan takaran menggunakan alat regulator stabilizer. Alat ini sengaja dipasang guna mempengaruhi daya listrik ke dispenser pengisian BBM, dan mencurangi takaran BBM yang keluar. “Pengendali ini pada intinya waktu on (nyala) normal, saat off (mati) dia terjadi kecurangan itu,” jelas Awi.

Sumber : Viva.co.id

Advertisements

Posted on June 9, 2016, in Hot News and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 14 Comments.

  1. Sebulan berarti daper Rp 600 jutaan. Pas lebaran nggak cuma beli baju, beli rumah pun bisa 😀

    Liked by 1 person

  2. Hukum dg cara dicabut ijin operasinya. Trs para tersangka suruh minum bbm yg dikorup biar jera.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: