5 Bahaya Yang Mengintai Jika Makan Buah Pepaya Secara Berlebihan

semakin-merdeka-dari-angsuran-mahal

Bahaya makan pepaya secara berlebihan

Pepaya mengandung banyak vitamin untuk tubuh, buah sehat ini mudah sekali didapat dimana saja. Pepaya yang kaya serat mampu membantu melancarkan konstipasi atau sembelit dan baik untuk kecantikan kulit. Tapi, terlalu banyak makan pepaya juga bisa berdampak sebaliknya.

Dilansir dari Zeenews, ada 5 efek samping yang ditimbulkan jika sobat mengonsumsi pepaya secara berlebihan. So konsumsi dengan porsi secukupnya ya sob!!

1. Karotenemia

Bukannya membuat kulit lebih indah dan halus, makan terlalu banyak pepaya justru membuat kulit lebih kuning dan kusam karena kandungan beta karotenemia dalam pepaya yang tinggi. Kondisi ini dapat membuat mata terlihat lebih putih pucat dan telapak tangan serta kaki lebih kekuningan.

2. Masalah pernapasan

Mengonsumsi pepaya secara berlebihan bisa memicu beragam penyakit pernapasan, mulai dari sesak napas, asma, dan saluran napas tersumbat.

3. Ruam di kulit

Pepaya baik untuk kulit karena kaya enzim papain dan antioksidan. Sayangnya, tidak semua jenis kulit sensitif terhadap enzim ini, jadi saat kita berlebihan memakan pepaya, sobat bisa mengalami gejala seperti gatal, kulit kering, sampai muncul ruam merah.

4. Konstipasi

Meski pepaya dikenal sebagai bahan alami yang mampu secara efektif melancarkan susah buang air besar (BAB) karena konstipasi, terlalu banyak pepaya juga berdampak negatif bila jumlah serat yang masuk tidak diimbangi dengan jumlah air yang cukup. Jadi, pastikan sobat minum banyak air saat banyak makan pepaya, usahakan semuanya seimbang ya sob, antara kebutuhan air dan buah.

5. Lambung tak nyaman

Pepaya buah yang baik untuk lambung, pepaya sangat ramah di lambung penderita maag, campurkan pepaya dan gula merah agar penyakit lambung sobat jadi tenang, efeknya bisa menahan mual untuk si penderita maag, loh. Tapi, terlalu banyak pepaya justru bisa membuat sistem gastrointestinal Anda tidak nyaman. Bukannya tenang, lambung justru makin tersiksa.

Sekali lagi, makan dengan porsi yang benar ya sobat, serta iringi dengan konsumsi air yang cukup dan sayuran segar agar hidup makin sehat..πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€Β Be healthy, Be well..!!!

insight-banner-promo-fix

 

Posted on September 22, 2016, in Beauty & Health and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. ohhh… kalo kebanyakan emng seperti itu ya mas.. emng bahaya.. mau makan atau konsumsi apapun kalo berlebihan juga berbahaya juga sih mas.. hehe..

    Like

Leave a comment