Advertisements

Ini Dia Sosok Asma Dewi, Pemakai Jasa Saracen!

Jumat lalu (8/9) Asma Dewi ditangkap polisi, di Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan. Polisi meringkus Dewi karena diketahui rajin mengunggah konten ujaran kebencian, penghinaan agama serta ras tertentu.

Belakangan, Dewi diketahui mentransfer uang sejumlah Rp 75 juta ke kelompok Saracen. Saracen lebih dulu diciduk lantaran pekerjaan mereka yang hobi membuat konten bernada kebencian, khususnya saat Pilkada berlangsung.

Lalu sebenarnya siapakah Asma Dewi? Ibu rumah tangga yang diduga sebagai pemakai jasa Sracen!

Dilansir Kompas, Asma Dewi disebut-sebut sebagai anggota dari Tamasya Al Maidah. Gerakan yang aktif berkampanye saat Pilkada DKI Jakarta, April 2017 lalu. Gerakan ini mendatangkan banyak massa dari daerah lain di luar Jakarta untuk mengawal proses pemilihan kepala daerah. Termasuk aksi bela islam.

Nomor ponsel Dewi juga tercantum dalam pamflet Tamasya Al Maidah yang tersebar di media sosial. Dari selebaran Dewi jadi salah satu anggota yang bisa dihubungi bagi siapa saja yang ingin ikut bergabung mengawal Pilkada DKI, berarti Dewi koordinator para pasukan nasbung nih, *eh..

Kini nomor-nomor di seleberan tersebut sudah tidak aktif ketika lagi. Toh,Pilkada udah usai.

Saat dikonfirmasi pada Ketua Panitia Tamasya Al Maidah, Ansufri Idrus Sambo, pihaknya membantah jika Dewi adalah salah satu koordinator atau panitia Tamasya Al Maidah. Menurutnya Dewi hanyalah seorang relawan atau simpatisan.

Sementara itu, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengaku tidak tahu apakah Dewi merupakan bagian dari gerakan tersebut. Bagi Setyo ia masih mendalami peran Dewi yang membayarkan sejumlah uang pada kelompok Saracen. Setyo belum bisa memastikan apakah Dewi sebagai pemesan, perantara, atau sebenarnya anggota dari kelompok Saracen.

“Yang jelas, dia melakukan ujaran kebencian yang menurut penyidik layak untuk ditindak. Ternyata dia mempunyai aliran dana juga ke Saracen,” ucap Setyo.

Dewi berfoto dengan Pak Anies

Jika kita menelusuri isi Facebook Dewi, banyak postingan yang memuat konten dukungan pada pasangan terpilih Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Tapi, polisi belum mampu menyimpulkan apakah ada kaitannya antara dukungan Dewi dan aliran dana ke kubu Saracen. Moga didalami ya pak!

Dewi punya dua saudara polisi

Diketahui Dewi memiliki dua saudara polisi aktif. Dewi bahkan ditangkap di rumah salah satu kakaknya di Komplek Polri Jalan Ampera Raya A No. 17. Kakaknya adalah polisi wanita (polwan) dan polisi laki-laki.

Setyo sendiri memastikan kedua kakak Dewi tidak terlibat dengan tindak pidana adiknya. Namun, kedua polisi tersebut akan dimintai keterangan yang berkaitan dengan kegiatan Dewi sehari-hari.

Dari kasus Saracen, telah ditangkap empat pelaku yakni, JAS, MFT, SRN, dan AMH yang telah ditetapkan sebagai tersangka. Kelompok ini pasang tarif tinggi sekitar Rp 72 juta hingga ratusan juta rupiah dalam bentuk proposal yang ditawarkan ke sejumlah pihak.

Dengan uang tersebut mereka siap menyebarkan konten ujaran kebencian dan berbau SARA di media sosial sesuai pesanan. Biaya tersebut meliputi pembuatan website sebesar Rp 15 juta, dan membayar sekitar 15 buzzer sebesar Rp 45 juta perbulan.

Sementara Jasriadi selaku ketua menetapkan anggaran pribadi sebesar Rp 10 juta. Selebihnya, biaya lain dipakai untuk membayar orang-orang yang disebut wartawan. Para wartawan itu nantinya menulis artikel pesanan sesuai kemauan sang pemesan.

Nantinya semua tulisan dan konten tersebut disebar di Grup Facebook Saracen News, Saracen Cyber Team, situs Saracennews.com, dan berbagai grup lain yang menarik minat warganet untuk bergabung. Sampai saat ini jumlah akun yang tergabung dalam jaringan Saracen lebih dari 800.000 akun.

 

 

Advertisements

Posted on September 12, 2017, in Hot News and tagged , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: