Advertisements

Hewan Jaman Now Ternyata Ukurannya Serem Banget Saat Jaman Purba!

Hewan dengan size biasa saat ini ternyata punya bentuk yang jauh lebih besar di zaman purbakala.

Kalo sekarang ukuran hewan tersebut lebih kecil dan imut, sobat bakal terkejut kalo tahu ukuran mereka yang sesungguhnya di zaman dahulu.

Mau tahu hewan apa aja itu? Nih, mimin kasih 8 perbedaan ukuran hewan jaman now dengan jaman purba!

1. Kaki Seribu

Kaki seribu adalah hewan yang tergolong mungil saat ini, tapi tahukah kamu hewan sejenis kaki seribu di masa purba punya panjang 2,6 meter.

Namanya ialah Arthropleura, yang hidup sekitar 280 – 340 juta tahun lalu. Hewan ini pun jadi salah satu binatang arthropoda (memiliki tubuh yang beruas-ruas) terbesar sepanjang sejarah.

Walau fosilnya belum ditemukan secara utuh, baru sebagian aja itu pun panjangnya udah mencapai 90 cm saat ditemukan di Jerman.

2. Capung

Pernah hidup 300 juta tahun lalu, capung purba punya panjang sayap sekitar 65 cm. Hal itu terkuak saat fosil Meganeura (nama capung purba) ditemukan di Perancis.

3. Anjing Laut

Anjing laut atau anjing air raksasa pernah hidup di muka bumi ini. Menurut para ilmuan tubuhnya seukuran serigala dengan berat hampir 50 kg, atau dua kali lipat lebih besar dari dari anjing laut jaman now.

Enggak kebayang deh kalo masih hidup sampai sekarang. Dengan nama Siamogale Melilutra, fosil utuhnya berhasil ditemukan di dasar danau yang berada di Provinsi Yunnan, China.

4. Berang-Berang

Pict flickr – Kelihatan jelas ya gigi depan yang mirip berang-berang jaman sekarang

Berang-berang raksasa bernama Castoroides ternyata sempat hidup hingga 11 ribu tahun yang lalu di bumi.

Dengan tinggi lebih dari 2 meter dan berat 90 kg, berang-berang jaman dulu besarnya seperti beruang. Castroides juga membangun sarangnya dari kayu sama seperti berang-berang masa kini.

5. Hamster

Pict Wikimedia

Hewan imut dan menggemaskan dengan nama Megatherium Americanum adalah hamster purba yang berukuran sebesar gajah.

Tingginya aja mencapai 6 meter. Hewan yang tergolong karnivora (pemakan daging) ini beda dengan hamster jaman sekarang yang suka makan biji bunga matahari!

Diperkirakan hamster purba hidup 5 juta hingga 11 ribu tahun yang lalu di Amerika Selatan.

6. Ular Boa

Ular boa yang hidup jaman sekarang panjangnya bisa mencapai 3 m hingga 7 m, melihatnya aja udah bergidik.

Tapi Titanoboa Cerrejonensis, panjangnya bisa mencapai 14 m yang pernah hidup sekitar 60 juta tahun yang lalu dengan berat lebih dari 1 ton.

Pinterest

Sama seperti boa masa sekarang, boa purba yang fosilnya ditemukan di Kolombia pada 2009 ini juga menjerat mangsanya hingga mati.

7. Buaya

Sarcosuchus Imperator adalah buaya prasejarah yang hidup sekitar 110 juta tahun lalu di kawasan Afrika. Panjangnya mampu mencapai 12 meter dengan berat 8 ton.

Waktu menemukan fosilnya di Niger pada 1997 para ahli sampai dibuat takjub, karena buaya purba punya tulang rahang sepanjang 1,8 m, atau setinggi pria dewasa, dengan gigi-gigi tajam dan kuat yang ada lebih dari 100 di dalamnya. Horor banget deh!

8. Hiu

Jaman sekarang Hiu memang jadi predator yang ditakuti, namun hiu purbakala punya panjang 16-20 m. Sementara hiu paus yang masih hidup sekarang hanya punya panjang 12,6 m.

Namanya sih udah enggak asing lagi Megalodon, dengan rahang berisi lebih dari 200 gigi tajam seukuran 18 cm yang mampu melahap mangsa dengan bobot 4 hingga 6 kali lebih besar dari Tyrannosaurus rex.

Diyakini Megalodon hidup pada kisaran 1,6 hingga 15,9 juta tahun yang lalu.

Nah, guys, menurutmu mana nih yang paling serem?

 

Sumber : detikINET

 

Advertisements

Posted on December 15, 2017, in Education, Special Section and tagged . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. untunglah kita hidup di jaman now, jd ketemu mereka udh jd fosil

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: