Advertisements

Serba-Serbi Lomba Tarik Tambang : Mau Menang Lomba Tarik Tambang, Nih Terapin Caranya!

Sudah memasuki bulan Agustus, udah mulai banyak lomba untuk anak-anak di sekitar rumah mimin, kalo kawasan rumah sobat gimana nih? Nah, bicara perayaan agustusan, kira-kira lomba apa yang paling kamu tunggu-tunggu? Apa panjat pinang? Kalo mimin sih suka lihat lomba tarik tambang.

Lomba yang sering diadakan untuk memeriahkan hari kemerdekaan negara kita ini enggak cuma sekedar heboh jika dimainkan. Tapi juga punya fakta-fakta yang tak kalah menarik, apa aja itu? Simak bahasannya!

Fakta Seputar Tarik Tambang

  1. Lomba tarik tambang adalah lomba yang dilakukan oleh dua tim yang saling menarik ujung tali  tambang besar, yang berlawanan. Jadi seperti dua tim harus berebut seutas tali tambang!
  2. Jumlah peserta dalam tiap kelompok tergantung pada panjangnya tambang. Umumnya 8 orang.
  3. Lomba tarik tambang selalu dilakukan di tempat terbuka, misalnya lapangan.
  4. Di atas tanah, tepat di bawah titik tengah tali tambang, ada tanda tertentu. Misalnya batu.
  5. Ketika aba-aba dimulai, tiap peseta berusaha menarik tambang sekuat tenaga. Tim yang berhasil menarik tim lawan sampai melewati titik tengah, itulah pemenangnya.

Trik Untuk Memenangkan Lomba

  • Untuk memenangkan lomba ini seluruh anggota tim harus bekerja keras dan kompak. Kalo perlu sekuat tenaga deh menariknya, hehehe.. tapi ternyata ada trik jitu loh buat memenangkan lomba tarik tambang, nih simak triknya!
  • Letakkan posisi pemain terkuat di belakang. Karena di belakang tidak mudah tergelincir.
  • Pegang tambang dengan kedua tangan, harus kuat, jangan kasih kendor, hehehe..
  • Posisi tangan harus lurus dengan tubuh.
  • Berdirilah dengan kedua kaki sedikit lebih lebar dari bahu.
  • Condongkan bagian atas tubuh ke arah belakang. Lakukan hal ini seakan-akan kita sedang duduk pada kursi yang ada sandarannya
  • Benamkan kaki ke dalam tanah, agar tidak mudah tertarik ke depan.
  • Ketika aba-aba dimulai, tarik tambang dengan kekuatan kaki, bukan kekuatan tangan.
  • Ketika ada kesempatan mundur, mundurlah dengan langkah pendek.

 

Tag of War

Konon, lomba tarik tambang ini sudah ada sejak 4000 tahun yang lalu. Asal mulanya sih kurang jelas. Ada yang bilang dari Mesir, Yunani, India, hingga Tiongkok.

Jika menurut legenda, lomba tarik tambang dahulu dilakukan oleh Bulan dan Matahari sehingga menyebabkan terjadinya siang dan malam.

Sekarang, lomba ini cukup populer dan dimainkan hampir di seluruh dunia. Seperti di Mesir, Burma, India, Indonesia, Jepang, Korea, Hawaii, hingga Amerika Selatan.

Di Indonesia, lomba tarik tambang biasanya dimainkan untuk memeriahkan hari kemerdekaan, perayaan sekolah, kumpul keluarga, dan ulang tahun Pramuka.

Di Afghanistan ada lomba sejenis, tetapi mereka tidak menggunakan tambang, melainkan pancang kayu.

Dalam bahasa Inggris permainan ini disebut Tag of War.

Tag of War menjadi salah satu cabang olah raga yang dipertandingan dalam Olimpiade Modern dari tahun 1900 sampai tahun 1920. Tag of War  merupakan anak cabang olahraga atletik.

Nah, udah tau kan fakta, asal-usul permainan, hingga trik jitu memenangkan lomba tarik tambang! Jadi, buat sobat Sebarkan yang ikut memeriahkan lomba, jangan sampai kalah ya, cukup terapin langkah-langkah di atas!

Selamat Menyambut Hari Kemerdekaan, guys!

 

Sumber : Bobo.id

Advertisements

Posted on August 8, 2018, in Come On Share, Hot News and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: