Anak- Anak di Jepang Paling Sehat di Dunia! Begini Gaya Makannya di Sekolah!

Di tahun 2012, sebuah penelitian menyebut jika anak-anak di Jepang akan hidup lebih sehat dari anak-anak di seluruh dunia.

Rahasianya sih ada pada pola makan yang sehat. Kebiasaan makan ini diajarkan sejak anak-anak duduk di bangku sekolah dasar, loh.

waktu makan siang di sekolah Jepang

Di Jepang anak-anak SD sudah belajar pengetahuan tentang makanan sehat dan porsi makan yang tepat. Itu sebabnya di setiap sekolah selalu disiapkan makan siang, para murid tinggal mengambil sesuai porsinya masing-masing.

Program ini dibuat oleh Pemerintah Jepang di tahun 1954, yaitu sejak berakhirnya perang dunia.

Program nasional untuk makanan di sekolah tersebut dibuat oleh Nobuko Tanaka dan Miki Mutoshi,

Di tiap sekolah dituntut untuk selalu membekali anak-anak pengetahuan seputar nutrisi yang baik, porsi makan yang cukup, mengetahui rasa kenyang, dan ilmu tentang makanan lainnya.

Program ini sengaja dibentuk agar anak-anak bisa mensyukuri dan menghargai makanan, sikap dan kebersihan saat makan pun harus diperhatikan.

Biar ikutan sehat kita bisa tiru nih untuk menu makan yang tepat ala sekolah-sekolah dasar di Jepang. Bisa ditiru anak-anak maupun orang dewasa.

Menu makan di sekolah Jepang

Intinya bekal makan siang kamu harus dipenuhi sayuran hijau, rajin makan ikan, ayam atau daging sapi secukupnya. Serta menyantap sawi pak choi yang baik untuk pertumbuhan tinggi anak-anak, kecambah, buah-buahan dan sop miso. Hmmm, yummy..

Kemudian santaplah makananmu dengan hati senang.

Jangan lupa untuk selalu menjaga porsi makanan mu, biar enggak berlebihan.

Bukan Cuma makan dengan benar, anak- anak di Jepang juga aktif bergerak. Biasanya mereka akan berjalan kaki atau naik sepeda saat pergi dan pulang sekolah.

Kalo tidak memungkinkan sebaiknya coba olahraga sederhana seperti beres-beres rumah, hehehe..

Melihat proses memasak juga diklaim dapat membantu kita lebih menghargai makanan.

 

 

Sumber : Bobo.id  

Posted on December 10, 2018, in Beauty & Health, Hot News and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

Leave a comment