Cari Tahu Di Sini!! Daftar Aplikasi Pesan Teraman Di Dunia!!

dp-01
insight-banner-promo-fix
Belum lama ini sebuah lembaga survei yang beroperasi di seluruh dunia, telah merilis daftar aplikasi messaging atau perpesanan yang dianggap paling aman di dunia. Dianggap teraman karena aplikasi tersebut menawarkan fitur enkripsi end-to-end yang bisa bikin aktivitas chatt sobat sulit diretas.
Dari hasil analisa lembaga tersebut, tercatat ada enam aplikasi pesan yang diklaim paling aman dan tidak mudah dibajak. Aplikasi-aplikasi tersebut antara lain adalah :
WhatsApp
1. WhatsApp
Menurut survei, aplikasi pesan yang digunakan 2 miliar pengguna ini memiliki fitur keamanan paling bagus. Karena, hanya pengguna WhatsApp saja yang mendapat peringatan jika fitur enkripsi end-to-end tidak diaplikasikan pada obrolan tertentu.
Dengan adanya fitur enkripsi yang terintegrasi pengguna jadi bisa memperkirakan obrolan apa saja yang harus mereka bicarakan di WhatsApp.

Fyi : Fitur enkripsi alias keamanan dari WhatsApp ini diklaim lebih baik jika dibandingkan fitur enkripsi Facebook Messenger (aplikasi perpesanan yang ada pada Facebook). Facebook Messenger diklaim tidak menerapkan fitur enkripsi end-to-end secara default, sehingga membuat aplikasi pesan ini dilaporkan tidak terlalu cocok dipakai untuk obrolan yang sifatnya rahasia. Kurang-kurangin ya nge-gosipnya di Facebook, gosipnya di WhatsApp aja..hehhehe..
2. iMessage
Aplikasi pesan milik Apple ini juga diklaim paling aman kedua setelah WhatsApp. Pasalnya, aplikasi ini diklaim telah menerapkan enkripsi backdoors yang bikin siapa pun susah meretas. Enkripsi ini diklaim paling aman, bahkan pemerintah sekali pun sulit meretas atau membobol isi chat di aplikasi pesan ini tanpa persetujuan Apple terlebih dahulu.
3. Facetime
Selain iMessage, aplikasi pesan video call dari Apple ini juga dianggap paling aman di dunia. Obrolanmu via aplikasi pesan video call ini dijamin tak akan mudah dibajak.
Lembaga atau orang yang ingin meretas aplikasi pesan video call ini wajib memiliki kemampuan dewa. Pasalnya, hingga kini masih belum ada yang bisa meretas atau pun membajak Facetime bahkan lewat ‘jalur belakang’ sekalipun.
Telegram
4. Telegram
Aplikasi yang desain antarmukanya mirip WhatsApp ini juga diklaim paling aman oleh Amnesty International. Meski fitur enkripsi nya tidak disetting secara default, sobat gak perlu khawatir obrolanmu bakal diretas. Soalnya, fitur enkripsi dari Telegram diklaim sangat aman, bahkan hacker sepintar apa pun dibuat kesulitan untuk meretas.
Menariknya, ada banyak fitur enkripsi yang bisa kamu pilih di Telegram ini. Salah satunya adalah fitur pesan hilang secara otomatis alias self-destructing message yang bisa diatur berapa lama pesan itu bisa diakses.
5. Allo
Pendatang baru di dunia pesan instan ini pun, diklaim sangat aman oleh lembaga survei. Meski tergolong baru aplikasi ini sudah menerapkan fitur enkripsi end-to-end.
Bedanya, kamu masih harus mengatur atau mengaktifkan fitur end-to-end itu sebelum menggunakannya. Sama halnya dengan Chrome, fitur enkripsi end-to-end milik Allo mengusung mode Incognito untuk melindungi obrolan selama chatting.
6. LINE
Aplikasi pesan asal Jepang yang cukup populer di Indonesia ini juga diklaim sebagai aplikasi pesan paling aman di dunia. Dengan 200 jutaan pengguna aktif di seluruh dunia, LINE sudah menawarkan fitur keamanan alias enkripsi end-to-end.
Meski gak se-aman aplikasi pesan populer lainnya, kabarnya pengguna bisa dengan mudah mengenali apakah obrolan aman dengan hanya melihat bagian di pojok kiri atas kolom chatting sebelah nama teman chatting-mu, apakah sudah ada simbol gembok atau belum.
Itulah enam aplikasi pesan yang diklaim paling aman di dunia. Dari enam aplikasi yang ada pada daftar di atas, aplikasi mana aja nih yang udah sobat pakai ??
Sumber : IDNtimes

Posted on November 4, 2016, in Come On Share, teknologi and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. This is one awesome blog post. Keep writing. adkeedkddade

    Like

Leave a comment