Game PUBG Bakal Diharamkan MUI? Setuju atau Tidak?

Halo sob!

Sudah pada tahu belum kalo game Player Unknown’s Battlegrounds aka PUBG bakal dibanned? Game yang digandrungi remaja hingga kaum millenial ini kabarnya bakal diharamkan MUI. Setuju atau tidak?

Game PUBG disebut-sebut menjadi inspirasi pelaku teror di new Zealand (Selandia Baru). Sebanyak 49 orang tewas dalam penembakan brutal di dua masjid di Christchruch, New Zealand. Pelaku teror, Brenton Tarrant dinyatakan menggunakan senjata bergaya militer jenis semi-otomatis saat melancarkan aksinya. Kabarnya sih, senjata pelaku mirip item di game PUBG.

Perdana Menteri (PM) New Zealand, Jacinda Ardern sendiri telah mengumumkan larangan menggunakan senapan dengan jenis tersebut, peraturannya akan resmi diberlakukan 11 April 2019 mendatang.

Karena kasus di atas, MUI Jawa Barat yang pertama kali berinisiatif mengeluarkan pernyataan untuk mengeluarkan fatwa haram pada game PUBG.

“Tentu kita harus teliti terlebih dahulu mengenai dampak dari game ini. Kami belum melakukan fatwa. Tapi secara umum kalau (PUBG) berdampak merusak jadi tidak boleh. Akan kami pertimbangkan buat fatwa supaya perlu ada menutup jalan sebuah kejahatan,” kata Ketua MUI Jabar Rahmat Syafei.

Lalu bagaimana tanggapan MUI Pusat mengenai PUBG?

“Kita akan lakukan pengkajian mendalam mengenai konten dan dampak yang ditimbulkan. Saya sudah komunikasi dengan Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informasi terkait dengan hal ini,” ujar Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh, Kamis (21/3).

Jika tidak dikeluarkan fatwa, Asrorun mengatakan solusinya adalah soal penegakan hukum dan penguatan regulasi.

Lalu benarkah Tarrant terinspirasi oleh game PUBG? Jawabannya tidak! Sobat bisa baca disini https://www.suara.com/news/2019/03/17/081000/teroris-di-selandia-baru-dipastikan-tidak-terinspirasi-dari-game-pubg Kalo sudah begini akankah PUBG tetap diblokir?

 

 

Sumber : detik.com

Posted on March 22, 2019, in Hot News and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a comment