Inilah Sosok Dibalik Gambar Bak Truk Pantura

Ada sosok berusia 66 tahun, yang bisa bikin kita senyum-senyum sendiri tiap kali lihat gambar dan tulisan lucu bin nyeleneh di belakang bak truk. Rupanya ada seorang laki-laki jago melukis yang dikenal sebagai ‘bapaknya’ gambar unik di bak truk tersebut.

image

Warsono si pelukis pertama bak truk

Warsono namanya, ia pencetus gambar-gambar di bak truk Pantura. Warsono tinggal di Jalan Pantai Utara, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon, dan telah melakoni profesinya sebagai pelukis bak truk sejak tahun 1990 silam. Pria kelahiran Subang ini mengaku sebagai pelukis bak truk pertama di Indonesia dan telah berkarir 26 tahun lamanya.

Sampai saat ini sudah ada ribuan karya yang ia gambar, mulai dari gambar wanita hingga berbagai kata bijak. Warsono juga kerap dibantu sang istri saat menggarap pesanan gambar dari para sopir truk.

“Istri saya juga bisa. Dia khusus membuat tulisan,” ujar Warsono kepada Merdeka.

image

Walau karyanya udah tersebar di mana-mana, Warsono ternyata nggak pernah membubuhkan tanda tangannya di setiap lukisannya. Hanya sesekali Warsono memberikan tulisan ‘Roban’ yang bahkan hanya dibuatnya asal-asalan saja. Jadi kalo sohib semua ada yang papasan sama salah satu truk dengan inisial gambar bernama ‘Roban’ berarti bak truk tersebut buatan pak Warsono.

Kisaran harganya pun beraneka ragam mulai dari Rp 500 ribu. Bila sang sopir ingin gambar wanita full body, maka si sopir harus merogoh kocek hingga Rp 2 juta.

“Kalau dulu pertama melukis satu gambar Rp 25 ribu,” ujar Warsono.

Sayangnya, tren lukisan di truk ini kini mulai menghilang. Sekarang Warsono hanya mendapatkan dua orderan dalam sebulan. Bandingkan saat trend lukisan ini lagi ngehits, Warsono bisa meraup Rp 5 juta dalam sebulan.

Dan demi tambahan uang, Warsono pun kini mulai menjual karet penahan air ban truk sebagai sambilan.

“Setahun ini mulai sepi, sejak ada stiker itu,” tutup Warsono.

Posted on February 16, 2016, in Special Section and tagged , , . Bookmark the permalink. 13 Comments.

  1. hmm eman-eman kalau industri kreatif seperti ini harus punah. gimana pun juga sosok seperti beliau ini yg bikin bak truk jadi lebih enak dilihat, bikin senyum pula

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 404 other followers

%d bloggers like this: