Advertisements

Kampung Poligami Di Sidoarjo Ini Sempat Beken Di Tahun 90’an!

Desa poligami letaknya di Kedung Banteng, Tanggulangin, Sidoarjo. Kenapa disebut desa poligami? Karena di kampung ini ternyata dulunya banyak yang doyan poligami alias punya istri lebih dari satu.

Jalan Wayo, Sidoarjo

Di era 90’an aja tercatat ada 20 pria yang melakukan praktik poligami. Menurut Kepala Urusan Kesejahteraan Rakyat Desa Kedung Banteng, Sukatib, dari semua keluarga yang melakukan poligami, tidak ada yang bercerai dan tampak hidup rukun, sayangnya semua pelaku poligami udah pada meninggal.

Seiring berkembangnya jaman, praktik tersebut pun sudah mulai hilang, tinggal cerita. Anak-anak dari para pelaku poligami sendiri tidak melakukan hal yang sama seperti pendahulunya, hehe..

Sanking terkenalnya budaya poligami itu, sampai-sampai diabadikan menjadi nama jalan, yaitu Jalan Wayoh/Wayo. Yang diambil dari kata Wayuh, menurut KBBI, Wayuh artinya punya istri lebih dari satu alias bermadu (poligami).

Buat sobat yang penasaran, cukup mudah kok menemukan jalan Wayo, karena masih ada papan jalan yang terpasang dengan jarak sekitar 300 meter, walau kondisinya udah usang.

Diceritakan seorang warga yang berprofesi sebagai penjual kopi dan mie instan, bernama Mursidan, jika praktik poligami ini dilakukan secara siri.

“Bahkan ada salah satu warga yang sampai memiliki tiga istri sekaligus, orangnya kayak penjaga tambak, tapi istrinya sampai tiga,” cerita Mursidan.

Diakui Tohirin, Kepala Desa Kedung Banteng, praktik ini terjadi sekitar tahun 80’an hingga akhir 90’an, menurutnya makin tingginya pendidikan bikin generasi lebih muda ogah ikut-ikutan berpoligami.

Karena nama jalan yang tidak berubah, Kepala Desa sering kedatangan tamu yang ingin nikah siri loh, hihihi.. padahal praktik tersebut sudah lama hilang. Atau masih ada tapi sembunyi-sembunyi? *eh..

Begitulah cerita asal-usul tentang kampung poligami di Sidoarjo, atau ada temen-temen yang tinggal di situ jadi tahu lebih banyak cerita? Ayo, dong di share! hehehe..

 

Sumber : detik.com

 

Advertisements

Posted on October 17, 2017, in Come On Share and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: