Advertisements

Cucu Wiranto Meninggal Tenggelam, ini Kata Dokter Anak Agar Terhindar Kejadian Serupa!

Kamis siang (15/11/2018), ada kabar duka yang datang dari Menko Polhukam, Wiranto. Cucu Wiranto, Achmad Daniyal Alfatih yang baru berusia 15 bulan meninggal karena tak sengaja tercebur di kolam ikan.

“Jadi Achmad itu lagi main di situ. Kebetulan di samping sana ada kolam ikan. Kemudian dia lompat karena sudah aktif gitu, akhirnya dia lompat ke air tanpa ada yang memperhatikan. Akhirnya, pas kembali, pas ada orang rumah lihat, langsung diambil tindakan terus dibawa,” ujar sang ayah, Abdi Setiawan.

Melihat kejadian seperti ini sebaiknya orang tua harus selalu waspada, karena tenggelam punya risiko kematian yang cukup besar dialami anak-anak.

Dari data yang dikumpulkan Badan Kesehatan Dunia (WHO), setiap tahunnya setidaknya ada sekitar 360 ribu kasus kematian akibat tenggelam yang terjadi di seluruh belahan dunia. Angka tersebut mewakili sekitar tujuh persen dari semua kasus kematian yang tidak disengaja karena kecelakaan.

Agar kejadian serupa tak terjadi, khususnya bagi sobat yang punya anak balita, dr Pandu C. Lestari, SpA, dokter spesialis anak di RS Siloam Jakarta beri peringatan bagi setiap orang tua. Tak hanya di kolam renang atau lautan dalam, anak- anak juga bisa tenggelam di air dangkal sekalipun bila salah posisi, contohnya saat wajah si balita atau bayi terendam air.

“Tenggelam itu kan mengakibatkan henti napas karena masuknya air dalam saluran napas. Nah posisi yang seperti itu, misalnya di bath tub yang kerap terjadi pada anak, juga disebut tenggelam,” kata dr Pandu.

Saran terbaik dari dr. Pandu yang harus dilakukan, yaitu orang tua tidak pernah melepaskan pandangan saat mengawasi anak terutama mereka yang masih belajar berjalan, karena di usia tersebut anak-anak masih kesulitan untuk memposisikan badan, sehingga tak menutup kemungkinan tercebur di air yang dangkal sekali pun.

 

Sumber : detik.com

Advertisements

Posted on November 16, 2018, in Beauty & Health, Come On Share, Hot News, tips and trick and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: