Advertisements

WASPADA Usai Pemilu Bisa Terkena PESD, Begini Gejalanya!

Halo sob, tepat 17 April kemarin warga Indonesia sedang merayakan pesta demokrasi.

Nah, masa pemilu 2019 kini telah memasuki tahap akhir, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sedang sibuk menghitung surat suara yang masuk dan akan mengumumkan hasilnya pada 25, 26 April mendatang. Pasti deg-degan ya menunggu hasilnya.

Terkait hal tersebut seorang psikolog forensik, Reza Indragiri Amriel mengingatkan agar masyarakat waspada pada fenomena post-election stress disorder (PESD) atau gangguan stres pasca pemilu.

Menurut Reza masa menunggu hasil pemilu dari KPU ini bisa memicu PESD ketika banyak berita politik di media sosial. Khususnya bagi sobat Sebarkan yang terus mengikuti berita politik di tanah air.

Contohnya berita hasil survei quick count atau exit poll yang dapat memicu tekanan pada orang-orang dengan munculnya perdebatan di antara kubu pendukung kedua paslon.

“Saya pribadi, misalnya, walau bukan politisi, merasa betapa tenaga tergerus oleh benturan narasi yang deras berseliweran. Sisi kiri kepala, mulai dari belakang lubang mata hingga tengkuk, juga sudah sakit nyut-nyutan. Nyeri,” kata Reza melalui pesan WhatsApp, Jumat (19/4/2019).

Menurut Reza PESD dapat muncul dengan gejala sbb: Perasaan masa depan tidak menentu, pupus rasa aman, enggan bersosialisasi, hingga rasa ketidakberdayaan. Bila sobat mengalami beberapa gejala di atas itu tandanya seseorang membutuhkan bantuan tenaga profesional agar gejala PESD tidak semakin parah.

Istilah PESD sendiri mulai muncul ketika angka kecemasan di beberapa negara mengalami peningkatan usai pemilu.

“Benar sudah ungkapan: Pesta (demokrasi) memang memunculkan suka cita. Tapi penat luar biasa sesudahnya,” ucap Reza.

Jadi apakah sobat merasa lelah juga sehabis pemilu? Tetap jaga kesehatan ya sob! Jangan lupa periksakan diri ya jika sudah muncul tanda-tanda PESD yang diungkapkan di atas!

 

 

Sumber detik.com 

Advertisements

Posted on April 19, 2019, in Beauty & Health, Hot News and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: