Test Covid-19 Bisa di Puskesmas aja!

Hai, genks.

Gak terasa ya udah 3 mingguan kita bertahan di rumah aja, walau mimin sesekali masih keluar rumah untuk mencari bahan makanan.

Pict : Ministry of Health

Gimana dengan hari-hari sobat selama #stayathome? Kelabu? Sama, hehe..

Tapi, ada berita yang cukup melegakan nih sob. Yaitu mengenai upaya sosial dan medis terkait Covid-19.

Memutus penyebaran Covid-19, Jakarta akan menerapkan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar. Sobat, yang berdomisili di DKI sudah siap?

Sementara di sektor medis, pemerintah telah menggandeng puskesmas menjadi bagian dari garda terdepan melawan pandemi Corona.

Kabarnya, seluruh puskesmas di penjuru Indonesia siap melakukan rapid test maupun swab.

Kemenkes Bambang Wibowo – BNPB Indonesia

“Pada situasi saat ini kita berperang dengan Covid-19, puskemas mempunyai peran yang sangat besar dan sangat diperlukan,” jelas Dirjen Yankes, Kemenkes Bambang Wibowo dikutip dari kanal YouTube BNPB Indonesia (7/4/2020).

“Salah satu peran yang dilakukan puskesmas adalah melakukan skrining terhadap Covid-19,” ujarnya.

Btw, metode skrining untuk mengetahui seseorang menderita Covid-19 yang dipakai puskesmas itu bakal seperti apa sih?

Metode pertama yaitu Rapid Test Antibodi Melakukan test dengan mengambil sampel darah.

Metode kedua ialah Swab – Melakukan swab pada tenggorokan maupun pangkal hidung, kemudian akan dilakukan pemeriksaan di laboratorium dengan menggunakan PCR (polymerase chain reaction).

Sementara itu petugas medis di puskesmas saat ini masih dalam tahap pelatihan secara online.

Wah, mimin doakan disegerakan yak, karena jarak puskesmas lebih dekat dengan kawasan tempat tinggal warga. Biar kapasitas rumah sakit nggak membludak.

Oya, catatan kecil : semoga peningkatan fasilitas di puskesmas seluruh negeri ikut dikebut juga.

Terakhir, mimin gak ada bosannya mengingatkan kamu untuk rajin cuci tangan, pakai masker, #tinggaldirumahaja, jaga jarakmu saat berada di luar rumah dan berhenti untuk menimbun apa pun.

Sehat selalu ya sobat Sebarkan..

Sehat lagi Indonesia..

 

 

Sumber : Nakita.id

Posted on April 8, 2020, in Hot News and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: